Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL AKUNTANSI DAN KEUANGAN DAERAH?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Penulis (Author) menjamin bahwa naskah artikel yang diajukan untuk dipublikasikan dalam Jurnal Akuntansi dan Keuangan Daerah (JAKD) tidak dipublikasikan atau tidak sedang dalam petimbangan untuk dipublikasikan di jurnal lain. Penulis menjamin bahwa naskah artikel yang ditulisnya tidak melanggar keberadaan hak cipta dan tidak mengandung unsur yang menyimpang atau yang bersifat kurang memperhatikan norma-norma yang ada. Setiap pelanggaran seperti itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Format Penulisan

  1. Sistematika penulisan naskah artikel terdiri dari Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Pengembangan Hipotesis (jika ada), Metodologi Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Keterbatasan, Saran, dan Daftar Pustaka.
  2. Naskah artikel diketik pada kisaran antara 5000-8000 kata, dengan huruf ukuran 12 point dengan jarak satu baris (single space) pada kertas A4 (8,5” x 11”), kecuali untuk kutipan langsung yang diketik dengan indented style.
  3. Semua halaman, termasuk referensi dan lampiran harus diberi nomor urut halaman.
  4. Naskah harus mengikuti template penulisan naskah JAKD. Template untuk penulis dapat diunduh di sini.

 

Sistematika Penulisan Artikel

1. Judul Artikel (title)

Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan dalam bahasa Inggris. Judul dalam bahasa Indonesia terdiri dari maksimal 15 kata, sedangkan judul dalam bahasa Inggris terdiri dari maksimal 12 kata.

2. Nama penulis ditulis di bawah judul (tanpa gelar) dilanjutkan dengan afiliasi institusi penulis.

3. Abstrak (abstract)

Abstrak terdiri dari 100-200 kata dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Abstrak memberikan ringkasan atas tujuan artikel, metode, hasil, dan simpulan artikel. Abstrak diikuti dengan kata kunci (keywords) terdiri dari 3-5 kata untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.

4. Pendahuluan (introduction)

Dalam pendahuluan dikemukakan permasalahan/konsep/hasil penelitian sebelumnya secara jelas dan ringkas sebagai dasar dilakukannya penelitian yang akan ditulis sebagai artikel ilmiah. Pendahuluan menerangkan dengan jelas rumusan masalah, tujuan penelitian, dan kontribusi penelitian.

5. Tinjauan Pustaka (review of literature)

Bagian ini memuat teori yang digunakan dalam penelitian beserta literatur-literatur sebelumnya yang terkait dengan penelitian dan pengembangan hipotesis. Theoretical framework dapat dijelaskan dalam review literatur.

6. Metodologi Penelitian

Desain dan alur pelaksanaan penelitian harus ditulis dengan rinci dan jelas sehingga peneliti lain dapat melakukan penelitian yang sama (repeatable and reproduceable).

7. Hasil dan Pembahasan 

Hasil penelitian dalam bentuk data merupakan bagian yang disajikan untuk mengkonfirmasikan hasil temuan dari penelitain yang telah dilakukan. Ilustrasi hasil penelitian dapat menggunakan grafik/table/gambar. Diskusi selanjutnya memuat informasi hasil penelitian dan perbandingan dengan penelitian sejenis lain dalam berbagai konteks.

8. Kesimpulan dan Saran (Conclusion, limitations, and recommendations)

Kesimpulan meringkas point penting dari hasil penelitian dengan menyesuaikan rumusan masalah yang dikembangkan di atas. Kontribusi teori dan praktis dipaparkan secara ringkas pada kesimpulan. Limitations memaparkan keterbatasan dalam penelitian, dan saran memaparkan point yang disarankan Penulis untuk penelitian-penelitian di masa yang akan datang.

9. Daftar Pustaka (references)

Daftar Pustaka disusun alfabetis sesuai dengan nama penulis. Susunan setiap referensi adalah sebagai berikut: nama penulis, tahun publikasi, judul, nama penerbit, dan nomor halaman mengikuti American Psychological Association (APA) reference.

 

Tabel dan Gambar

  1. Tabel dan gambar disajikan seefisien mungkin (hanya yang menyajikan hasil) dan dimasukkan ke dalam naskah artikel. Tabel dan gambar yang disajikan dalam lampiran adalah yang menunjukkan proses pengolahan data.
  2. Tabel dan gambar diberi nomor urut dan judul lengkap yang menunjukkan isi dari tabel atau gambar. Nomor urut dan judul tabel diletakkan di atas tabel, sedangkan nomor urut dan judul gambar diletakkan di bawah gambar, disertai sumber kutipan dengan menggunakan tipe huruf Times New Romans (font 11) dicetak tebal.
  3. Penulis wajib menyebutkan pada bagian dalam naskah, tempat pencantuman tabel atau gambar.
  4. Tabel atau gambar sebaiknya dapat diinterpretasikan tanpa harus mengacu ke naskah.
  5. Gambar harus disiapkan dalam bentuk yang dapat dicetak.

 

Kutipan

Gaya pengutipan pada Jurnal Akuntansi dan Keuangan Daerah (JAKD) mengikuti American Psychological Association (APA) reference, merupakan gaya pengutipan yang berlaku umum berformat penulis-tanggal (author-date) yang digunakan untuk mengutip dan memberikan sumber informasi untuk tugas tertulis maupun publikasi ilmiah.  Berikut contoh pengutipan buku, buku chapter, dan jurnal/artikel. Penulisan lain seperti artikel dalam koran, konferensi paper, berita, media online, dan referensi lainnya mengikuti APA referencing style.

  1. Buku
    a. Satu Penulis
    Teori merupakan konstruksi buatan manusia sehingga tidak dapat disamakan dengan realitas yang sebenarnya (Littlejohn,2002, h. 19).

    Atau

    Littlejohn (2002, h. 19) menjelaskan bahwa...

    b. Dua hingga enam penulis
    Diskusi kelompok dengan satu orang sebagai moderator atau control merupakan karakteristik utama dari Focus Group Discussion (Wimmer &Dominick 1997, h. 97).

    Atau

    Wimmer dan Dominick (1997, h. 97) menjelaskan bahwa...

 

  1. Chapter atau Bab dalam Sebuah Buku
    Corporations need to incorporate stakeholders in their CSR processes in order to create a mutual understanding of the processes and how their activities constitute being socially responsible (Bartlett & Devin, 2011).

    Bartlett and Devin (2011) state that…
  1. Artikel/Journal
    a. Satu Penulis
    As there are various ways of organisations engaging with their stakeholders, the practices may exist in many areas of organisational activities (Greenwood, 2007).

    Atau

    Greenwood (2007) classifies stakeholder engagement...

    b. Dua hingga enam penulis
    The research team posits that women are more inclined to work cooperatively with one another and to accept leadership directives, while men and Papuan students are less so (Goldstein, et al., 2016).

    Atau

    Goldstein, et al (2016) state that…

 

Daftar Pustaka

Setiap naskah artikel wajib memuat Daftar Pustaka yang hanya menjadi sumber kutipan yang disusun secara berurutan secara alfabetik berdasrkan nama belakang penulis dan nama institusi. Daftar Pustaka diharapkan menggunakan artikel/jurnal atau referensi lain yang terupdate (minimal 10 tahun terakhir), kecuali rujukan yang memang penting dan tidak dapat dihindari. Adapun tata cara penulisan Daftar Pustaka berdasarkan APA referencing adalah sebagai berikut:

Bartlett, J. L., & Devin, B. (2011). Management, communication, and corporate social responsibility. In Ø. Ihlen, J. L. Bartlett, & S. May (Eds.), The handbook of communication and corporate social responsibility (pp. 47-66). Chichester, England: Wiley‐Blackwell.

Goldstein, B. L., Ick, M., Ratang, W., Hutajulu, H., & Blesia, J. U. (2016). Using the action research process to design entrepreneurship education at Cenderawasih University. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 228, 462-469.

Greenwood, M. (2007). Stakeholder engagement: Beyond the myth of corporate responsibility. Journal of Business Ethics, 74(4), 315-327.

Littlejohn, S. W. (2002). Theories of human communication(7thed.) California: Wadsworth.

Wimmer, R. D. & Dominick, J. R. (1997). Mass media research: an introduction(5thed.). California: Wadsworth.

 

Penyerahan Artikel

Naskah artikel yang dikirim ke Jurnal Akuntansi dan Keuangan Daerah (JAKD) dapat dilakukan melalui author login atau melalui email: editor@maksi.uc.id dilengkapi dengan nama dan afiliasi Penulis.

Artikel yang dikirim oleh Penulis wajib melampirkan pernyataan bahwa artikel tersebut belum pernah diterbitkan di jurnal lain atau tidak sedang dalam petimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain.

Metode Review

Naskah artikel yang dinyatakan lolos tahap Pre-review akan dikirimkan kepada Reviewer Artikel untuk direview. Hasil blind review dari Reviewer akan menyatakan:

  1. Artikel diterima tanpa perbaikan
  2. Artikel diterima dengan sedikit perbaikan
  3. Artikel diterima dengan banyak perbaikan
  4. Artikel tidak dapat diterima/ ditolak
 

Kebijakan Cek Plagiarisme

Setiap naskah artikel yang dikirimkan ke Jurnal Akuntansi dan Keuangan Daerah (JAKD) akan mengalami proses pengecekan plagiarime (plagiarism checking). Hasil pemeriksaan Turnitin tidak boleh melebihi 20%, dan apabila naskah artikel memiliki lebih dari 20% kemiripan, naskah artikel tersebut akan ditolak oleh Editor dan dikembalikan kepada Penulis (Author) untuk evaluasi kutipan dan daftar pustaka yang digunakannya.

Biaya Publikasi

Jurnal Akuntansi dan Keuangan Daerah (JAKD) saat ini tidak memberikan Biaya apapun kepada penulis, baik dalam proses penerimaan artikel dan artikel yang akan dipublikasikan.

    Biaya Proses Artikel : Rp. 0

    Biaya Publikasi Artikel : Rp. 0

Oleh sebab itu, Penulis (Author) memiliki kesempatan untuk mengirimkan naskah artikel anda untuk dipublikasi di JAKD.

 

1.      Sistematika penulisan naskah artikel terdiri dari Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, dan Pengembangan Hipotesis (jika ada), Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Keterbatasan, dan Saran, dan Daftar Pustaka.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Hak Cipta Artikel dimiliki oleh Jurnal Akuntansi dan Keuangan Daerah (JAKD). Untuk tujuan edukatif, isi dari JAKD dapat dikopi atau direproduksi selama menyebutkan sumber dari artikel tersebut. Permintaan tertulis harus diajukan kepada Editor untuk memperoleh ijin mereproduksi isi dari JAKD untuk tujuan lainnya selain tujuan edukatif.

 

Privacy Statement

Nama dan Alamat email yang digunakan dalam jurnal ini hanya untuk kepentingan jurnal dan tidak diperbolehkan untuk digunakan untuk tujuan lain atau oleh orang lain.