Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL BIOLOGI PAPUA?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Pedoman penulisan pada JURNAL BIOLOGI PAPUA merupakan acuan umum yang digunakan oleh para penulis yang akan memasukkan naskah publikasinya pada jurnal ini.

 

Ketentuan umum

Pengiriman setiap naskah harus disertai dengan surat keterangan yang menyatakan bahwa naskah masih asli dan belum pernah dipublikasikan pada media lain. Hal ini diberlakukan untuk menghindari publikasi rangkap. Penulis diminta untuk mengirimkan dua naskah sama dalam bentuk hardcopy dan softcopy (flashdisk atau CD). Bagi penulis yang mengirimkankan melalui email, hanya diwajibkan mengirimkan dalam bentuk softcopy.

Informasi tentang ditolak atau diterimanya naskah publikasi akan diinformasikan setelah naskah tersebut ditelaah oleh penyunting (reviewer). Selanjutnya jika ada masukan untuk revisi, naskah tersebut akan dikembalikan kepada penulis untuk ditindaklanjuti.

Bagi naskah yang diterima, hak cipta selanjutnya menjadi hak milik Penerbit (Jurusan Biologi FMIPA Universitas Cenderawasih). Kepada penulis utama, akan memperoleh 1 eksemplar hardcopy hasil cetakan. Naskah serupa tidak diperkenankan di publikasikan kembali oleh penulis pada media lain, kecuali seijin penerbit dan merujuk pada sistem yang berlaku pada penerbitan.

 

Pedoman Penulisan

Naskah diketik pada satu sisi kertas putih ukuran A4 (210 x 297), dalam satu kolom spasi 1.5., jenis huruf Time New Roman, ukuran 12 point, dengan jarak tepi 2 cm pada semua sisi. Jika terdapat penambahan jenis huruf (simbol) harus kompatibel pada komputer yang berbasis MS Word.

Nama ilmiah harus disesuaikan dengan sistem yang berlaku pada masing-masing bidang ilmu, demikian pula dengan tatanama kimia, biokimia dan persamaan matematika (jika ada). Jika dicantumkan nama daerah, dibuat agar tidak menimbulkan makna ganda.

 

Format penulisan

Naskah terdiri dari bagian-bagian yang umum, yaitu Judul, abstrak (Abstract), Pendahuluan (Introduction), Metode Penelitian (Methods), Hasil dan Pembahasan (Results and Discussion), Kesimpulan (Conclusion), Ucapan Terima Kasih (Acknowledgments) (Jika ada), dan Daftar Pustaka (Refferences).

Judul ditulis secara singkat, padat, jelas dan informatif, maksimum 20 kata, ditulis dalam bahasa Indonesia, kecuali naskah berbahasa Inggris harus ditulis dalam bahasa Inggris pula. Di bawah judul ditulis nama penulis, terdiri dari satu atau lebih penulis (kelompok), tanpa penulisan gelar, ditulis lengkap. Dibawah penulis dicantumkan dari instansi mana para penulis tersebut, lengkap dengan nama jalan, nomor, kode pos, nomor telpon, dan alamat email.

Abstract, ditulis dalam bahasa Inggris untuk naskah  dalam bahasa Indonesia dan berbahasa Indonesia jika naskah dalam bahasa Inggris. Penulisan abstract sebaiknya tidak lebih dari 200 kata. Di bawahnya ditulis kata kunci (key words), maksimal lima kata.

Pendahuluan, mencakup latar belakang, tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian, diusahakan tidak lebih dari 800 kata. Metode penelitian, ditulis sesuai dengan cara kerja dalam pelaksanaan penelitian, diusahakan agar menekankan pada cara kerja dan analisis. Hasil dan Pembahasan, agar ditulis secara tuntas dan menyeluruh mencakup hasil-hasil yang dianggap penting dan menudukung isi naskah. Jika terdapat beberapa bagian, sebaiknya dibuat subjudul. Jika naskah yang dikirim berupa (review), sebaiknya tidak dicantumkan ”metode Penelitian” dan ”Hasil dan Pembahasan”. Kesimpulan, sebaiknya ditulis secara singkat, padat, dan telah mewakili tujuan yang diharapkan dari isi penelitian. Ucapan terima kasih, dapat dicantumkan jika diperlukan, tetapi point ini tidak diharuskan dalam suatu naskah.

Dalam naskah dapat disisipkan gambar atau tabel. Gambar dan tabel harus dirujuk dalam naskah. Diusahakan agar tidak ada lampiran dalam naskah, namun jika memang dianggap penting, masih dapat ditolelir.

Daftar pustaka, ditulis dengan sistem nama tahun, sedangkan dalam naskah ditulis nama belakang dan tahun. Beberapa contoh cara penulisan, sebagai berikut:

 

Jurnal

Rao, A. V. and R. Tak. 2001. Growth of diferrent tree species and their nutrient uptake in limestone mine spoil as influenced by arbuscular mycorrhizal (AM)-fungi in Indian arid zone. J. Arid Environ. 51(1): 113–119.

Buku

Milkos, F. 2009. Physiology of temperate zone friut trees. Jhon & Willey Sons. New York.

Bab dalam Buku

Kormanik, P. P. and A.-C. Mc.Graw. 1984. Quantification of vesicular–arbucular Mycorrhizae in palnt roots. In: Methods and Principles of Mycorrhizal Research (N.C. Schenck, Ed.) 1984. The American Phytopathological Society, Minnesota. pp: 37–45.

Abstract

van Mastrigt, Henk. 2009. Revision of Delias mysis (Fabricus, 1775) and Closely Related Species. Proceeding of New Guinea Biology Conference. Indonesia, July 24 – 26, 2008.

Skripsi, Tesis, Disertasi

Mangera, Y. 2006. Analisis Vegetasi Jenis Pohon di Kawasan Hutan Kampung Wasur Distrik Merauke Kabupaten Merauke.

Literatur dari Internet

Dewi, T. 2006. Ditemukan 37 Jenis Satwa & Tumbuhan Baru Papua. http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek.html

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Makalah yang akan dipublikasikan merupakan makalah yang BELUM PERNAH di publikasikan sbelumnya atau sedang dalam proses pendaftaran di tempat lain
  2. Berkas makalah yang di kirim hendaknya dalam bentuk file Microsoft Word
  3. Jika tersedia, URL untuk referensi harus disediakan.
  4. Teksnya berjarak satu spasi; menggunakan font 12-point; menggunakan cetak miring, bukan garis bawah (kecuali untuk alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang tepat, dibandingkan diletakan dibagian akhir.
  5. Teks mengikuti persyaratan gaya selingkung dan bibliografi yang diuraikan dalam Panduan Penulis, yang ditemukan di Tentang Journal.
  6. Jika publikasi dilakukan, maka  instruksi untuk  Ensuring a Blind Review harus diikuti
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.