Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Ekologi Birokrasi (JEB) sebagai salah satu jurnal ilmiah yang merupakan media publikasi ilmiah untuk menerbitkan artikel penelitian dan artikel review bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan mereka yang tertarik untuk memberikan literatur tentang ilmu sosial.

Ruang Lingkup JEB yakni artikel ilmiah yang membahas birokrasi pemerintahan dan sudut pandang dari berbagai faktor ekologinya dalam bidang ilmu-ilmu sosial (ilmu sosiologi, ilmu pemerintahan, ilmu politik, ilmu administrasi, ilmu antropologi, ilmu hukum).

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

PEER REVIEW PROCESS

Semua naskah yang diserahkan ke jurnal ini harus mengikuti fokus dan ruang lingkup, serta panduan penulisan jurnal ini. Naskah yang diserahkan harus membahas manfaat ilmiah atau kebaruan yang sesuai dengan fokus dan ruang lingkup. Semua naskah harus bebas dari isi plagiat. Semua penulis disarankan untuk menggunakan software deteksi plagiarisme untuk melakukan pemeriksaan kesamaan. Editor memeriksa pendeteksian plagiarisme artikel dalam jurnal ini secara manual dengan menggunakan perangkat lunak Google Scholar.

Jurnal ini memiliki tiga jenis ketetapan untuk sebuah tulisan yaitu:

a.       Tulisan DITERIMA tanpa perbaikan;

b.      Tulisan DITERIMA dengan sedikit perbaikan (penulis harus memperbaiki dalam jangka waktu yang ditentukan);

c.       Tulisan DITERIMA dengan banyak perbaikan (penulis harus memperbaiki dalam jangka waktu yang ditentukan); dan

d.      Tulisan DITOLAK (tulisan tidak sesuai dengan tujuan dan ruang lingkup, masalah teknis deskripsi, kurangnya kejelasan presentasi tulisan).

Artikel penelitian yang diserahkan ke jurnal ini akan ditinjau oleh setidaknya 2 (dua) atau lebih reviewer. Para reviewer memberikan komentarnya untuk memperbaiki isi naskah. Keputusan akhir penerimaan artikel akan dibuat oleh Editor sesuai dengan komentar reviewer. Publikasi artikel diterima termasuk urutan artikel yang diterbitkan akan dibuat oleh Pemimpin Redaksi dengan mempertimbangkan urutan tanggal diterima dan distribusi geografis penulis serta masalah tematik.

 

Publication Frequency

Jurnal Ekologi Birokrasi (JEB) diterbitkan oleh Program Doktor Ilmu Sosial Pascasarjana Universitas Cenderawasih tiga kali setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

Jurnal Ekologi Birokrasi (JEB) merupakan sebuah jurnal yang bersifat terbuka (open access) sehingga dapat diakses secara online guna mendukung pertukaran pengetahuan secara global.

 

Publication Ethics

Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, mitra bestari, dan penulis (author). Kode Etika Publikasi Ilmiah pada intinya menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme dalam publikasi.


Tanggung Jawab Penerbit:

  1. Penerbit Jurnal Ekologi Birokrasi (JEB) bertanggung jawab menerbitkan naskah yang setelah melalui proses editing, penelaahan, dan layout sesuai dengan kaidah penerbitan Jurnal Ilmiah.
  2. Penerbit Jurnal Ekologi Birokrasi (JEB) bertanggung jawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan Mitrabestari dalam menjalankan tugasnya masing-masing.
  3. Penerbit Jurnal Ekologi Birokrasi (JEB) bertanggung jawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.

 Tanggung Jawab Editor:

  1. Editor Jurnal Ekologi Birokrasi (JEB)  bertanggung jawab dalam memutuskan naskah  yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan editor yang mengacu pada persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.
  2. Dalam proses penelaahan dan penerimaan naskah, tim editor Jurnal Ekologi Birokrasi (JEB) berasaskan pada asas kesamaan perlakuan dalam pengambilan keputusan untuk mempublikasi naskah dengan tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik penulis.
  3. Editor dan tim editorial Jurnal Ekologi Birokrasi (JEB) tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau naskah  yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  4. Naskah yang tidak diterbitkan tidak akan digunakan oleh penelitian editor Jurnal Ekologi Birokrasi (JEB) untuk kepentingannya sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

 Tanggung Jawab Mitra Bestari:

  1. Mitra bestari Jurnal Ekologi Birokrasi (JEB)  membantu editor dalam membuat keputusan editorial terhadap naskah-naskah yang masuk
  2. Mitra bestari Jurnal Ekologi Birokrasi (JEB) bertanggung jawab terhadap rekomendasi naskah yang ditelaahnya.
  3. Telaah naskah dilakukan secara objektif, dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  4. Mitra bestari Jurnal Ekologi Birokrasi (JEB)  bertanggung jawab terhadap kutipan, referensi, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme atas naskah  yang ditelaahnya.
  5. Mitra bestari Jurnal Ekologi Birokrasi (JEB)  harus selalu menjaga kerahasiaan informasi dan tidak menggunakan informasi dari naskah yang ditelaahnya untuk keuntungan/kepentingan pribadi.

 Tanggung Jawab Penulis:

  1. Penulis harus menyajikan naskah  hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, dan tanpa duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.
  2. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas naskah  yang telah ditulis.
  3. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
  4. Penulis harus menulis naskah secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
  5. Penulis tidak berkeberatan jika naskahnya mengalami penyuntingan pada proses penelaahan dan layout tanpa mengubah subtansi atau ide pokok dari tulisan.

 

 

Indexing Site

Tim di Jurnal Ekologi Birokrasi (JEB) bekerja terus-menerus untuk meningkatkan visibilitas dan penyebaran atau konten ilmiah jurnal.Situs web ini akan diperbarui secara berkala untuk memberikan informasi terkini tentang database, ringkasan, dan portal yang mengindeks konten JEB.

Jurnal Ekologi Birokrasi Indexed by:

googlescholar garuda SIS ONESEARCH neliti ICI


 

Author Fees

Jurnal Ekologi Birokrasi (JEB) menerima naskah publikasi tanpa pembayaran di awal penerimaan naskah. Naskah akan diproses secara gratis hingga proses selesai.

Bagi naskah yang statusnya ditolak karena alasan tertentu tidak akan dipungut biaya, sedangkan naskah yang dinyatakan diterima untuk diterbitkan (accepted) akan dibebani biaya proses penerbitan sebesar Rp. 300.000,-. Untuk penulis yang berstatus mahasiswa pascasarjana (S-2 & S-3) dibebani biaya penerbitan Rp. 500.000,-.

Penulis berhak mendapatkan 1 (satu) exemplar naskah cetak yang akan dikirim ke alamat penulis. Biaya pengiriman akan disesuaikan dengan kota tujuan dan dibebankan kepada penulis.