ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP YPK HEDAM ABEPURA

Benyamin Palimbong, Matius Pai'pinan, Yosefin Rianita Hadiyanti

Abstract


Tulisan ini merupakan hasil penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuannya  untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi kubus dan balok. , yang terdiri atas 5 langkah yaitu : (1) menentukan hal yang diketahui dalam soal; (2) menentukan hal yang ditanyakan; (3) membuat model matematika; (4) melakukan perhitungan; dan (5) menginterpretasikan jawaban model ke permasalahan semula. Subjek pada penelitian ini berjumlah tiga (3) orang yang diambil dari peserta didik kelas VIII B SMP YPK Hedam. Untuk menentukan subjek penelitian digunakan teknik purposive sampling (pengambilan subjek berdasarkan tujuan) dengan menetapkan kriteria pemilihan subjek.  Pengambilan data diambil dengan metode tes dan wawancara dan keabsahan data diuji dengan pengujian kredibilitas yaitu triangulasi teknik.  Soal tes yang digunakan berbentuk soal cerita pada materi volume kubus dan balok sebanyak dua (2) butir soal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketiga subjek mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Kesulitan tersebut berupa (1). Kesulitan dalam menentukan apa yang diketahui dari soal, (2). Kesulitan dalam menentukan apa yang ditanyakan dari soal, (3). Kesulitan dalam membuat model matematika, (4). Kesulitan dalam melakukan perhitungan, dan (5). Kesulitan dalam mengembalikan jawaban akhir ke permasalahan semula.

Kata kunci: soal cerita, langkah-langkah penyelesaian soal cerita, volume kubus dan balok. kesulitan menyelesaikan soal cerita.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Suwarto. 2013. Pengembangan Tes Diagnostik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2011. pengantar penelitian pendidikan bagi pengembangan profesi pendidikan dan tenaga kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wibowo, Sigit Ari. Dkk. (2012) .Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita Dalam Matematika Melalui Metode Problem Based Learning. Jurnal. Universitas Sebelas Maret.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.