ANALISIS KESALAHAN JAWABAN SISWA KELAS VIII SMP YPPK SANTU PAULUS ABEPURA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Pitriana Tandililing

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV dan  faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIc yang berjumlah 3 orang yang berdasarkan tingkat kemampuan siswa. yaitu 1 siswa siswa berkemampuan tinggi, 1 orang siswa berkemampuan sedang dan 1 orang siswa berkemampuan rendah. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh (1) Letak kesalahan jawaban siswa berkemampuan tinggi yaitu kesalahan membuat model maematika dari apa yang diketahuidan kesalahan dalam menyelesaikan kalimat matematika, penyebab kesalahan karena siswa belom memahami soal dengan baik dan lupa rumus. (2) Letak kesalahan jawaban siswa berkemampuan sedang adalah kesalahan menentukan apa yang ditanyakan, kesalahan membuat kalimat matematika dan kesalahan dalam menyelesaikan kalimat matematika. Penyebab kesalahan karena siswa kurang memahami soal, lupa rumus dan tidak memahami makna dari kata yang menjadi petunjuk dalam menyelesaikan soal cerita. (3) Letak kesalahan jawaban siswa berkemampan rendah adalah kesalahan menentukan apa yang diketahui dan memisalkan, kesalahan menentukan apa yang ditanyakan, kesalahan membuat kalimat matematika dan kesalahan menyelesaikan kaliamat matematika. Penyebab kesalahan karena terburu-buru mengerjakan soal sehingga tidak mengikuti urutan langkah-langkah menyelesaiakn soal cerita, tidak memahami soal dengan baik dan kurang teliti dalam menyelesaikan operasi hitung.

 Kata Kunci: Analisis kesalahan, soal cerita, SPLDV.


Full Text:

PDF

References


Malau, L. (1996) Analisis Kesalahan Jawaban Siswa Kelas ! SMU Kampus Nommensen Pematang Siantar dalam Menyelesaikan Soal-soal Terapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. IKIPMalang: Malang.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Sugondo, G. (1993). Hubungan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita, Kemampuan Menyelesaikan Soal Hitungan dan Sikap Terhadap Pelajaran Matematika dengan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Abepura. IKIP Malang: malang.

Tim Penyusun Program Akta V-B (1983). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remidial. Modul Menegajar. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.