STUDI KASUS KESALAHAN JAWABAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HUBUNGAN SUDUT-SUDUT PADA DUA GARIS SEJAJAR YANG DIPOTONG OLEH SEBUAH GARIS DI KELAS VII-A SMP PEMBANGUNAN V YAPIS WAENA

Authors

  • Fitri Novita Sari Universitas Cenderawasih
  • Ronaldo Kho Universitas cenderawasih
  • Dewi Kristika Findia Ning Tyas Universitas Cenderawasih

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif denganmenggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa, faktor penyebab kesalahan, dan memberikan solusi untuk mengatasi penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal hubungan sudut-sudut pada dua garis sejajar yang dipotong oleh sebuah garis. Subjek pada penelitian ini berjumlah tiga (3) orang yang diambil dari siswa kelas VII-A SMP Pembangunan V Yapis Waena. Pengumpulan data diambil dengan metode tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: jenis-jenis kesalahan yang didapatkan dalam penelitian adalah: (1)penyelesaian tidak diperiksa kembali, (2) kesalahan teknis, (3) kesalahan data, dan (4) kesalahan menggunakan definisi atau teorema. Faktor penyebab kesalahan jawaban siswa yang didapatkan dalam penelitian ini adalah: (1) kurang teliti dalam mennyelesaikan soal, (2) terburu-buru dalam menyelesaikan soal, (3) kurang memahami apa yang diketahui soal (4) tidak menguasai materi dengan baik. Solusi untuk mengatasi kesalahanjawaban siswa yaitu: (1) tidak terburu-buru dalam mengerjakan soal, (2) memahami dengan baik yang diketahui soal, (3) lebih teliti, dan(4) memahami materi dengan baik dan benar.

 Kata Kunci: Studi Kasus, Kesalahan Jawaban, Hubungan Dua Garis sejajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hudojo, H. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang

Lamadi, S. 2015. Analisis Kesalahan Jawaban Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Trigonometri Di Kelas X Semester II Sma Yppk Teruna Bakti Jayapura Tahun Pelajaran 2014/2015.Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan Matematika, Universitas Cenderawasih.

Slameto. 1986. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

-----------2015. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suardi, M.2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

-------------2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tangali, J. 2014. Analisis Kesalahan Jawaban Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian dengan Menggunakan Identitas Trigonometri Berdasarkan Langkah-Langkah Polya di Kelas X-1 Semester II SMA YPPK Taruna Dharma Kotaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan Matematika, Universitas Cenderawasih.

Downloads

Published

2018-05-22

Issue

Section

Articles