ANALISIS KESALAHAN JAWABAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PROGRAM LINEAR DI KELAS X AKUNTANSI SMK YPK KOTARAJA JAYAPURA

Floriana Nabir Sardin, Mayor M H Manurung

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan letak kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal program linear, mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan serta memberikan solusi bagaimana cara mengatasi kesalahan tersebut. Subjek pada penelitian ini berjumlah tiga orang yang diambil dari peserta didik kelas X Akuntansi SMK YPK Kotaraja berdasarkan kriteria pemilihan yang telah ditentukan. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa (1) kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik terletak pada tabel, menuliskan apa yang diketahui, membuat model matematika, dan menggunuakan metode eliminasi. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik melakukan kesalahan yaitu terburu-buru dalam mengerjakan soal, kurang teliti, belum mampu dalam memahami suatu kalimat dan operasi dasar matematika, serta tidak menguasai beberapa materi yang merupakan dasar dalam mengerjakan soal-soal program linear. (3) beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi kesalahan peserta didik diantaranya memberi banyak latihan soal khususnya soal cerita, memberikan bimbingan terhadap peserta didik yang masih kurang dalam memahami dasar-dasar materi, dan melakukan analisis kesalahan terhadap soal-soal yang dikerjakan oleh peserta didik.

 Kata Kunci: Analisis kesalahan, program linear.


Full Text:

PDF

References


Ambarwati. 2014. Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Operasi Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar pada Siswa Kelas X SMA Muhamadiyah 2 Yogyakarta. Jurnal: FKIP Universitan Kristen Satya Wacana.

Azhari. 2010. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal -soal Essay pada Materi Peluang di Kelas XI IPA SMA YLPI Pekanbaru. Jurnal: FKIP Universitas Islam Riau

Ilmiyah, S dan Masriyah. 2013. Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pada Materi Pecahan Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal: Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya.

Miles. B. Matthew & Huberman. A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan). Jakarta : Universitas Indonesia (UI-Press)

Nugroho, Teguh Prasetyo. 2013. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team AchievementDivisions) padaSiswa KelasV MI AL Iman Tambakrejo Tempel Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi: FITK Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sunarsi, Anas. 2009. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Luas Permukaan Serta Volume Prisma dan Limas pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi: FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Suryani, A. 2000. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X Semester 1 SMA Negeri 3 Semarang. Jurnal: FKIP Universtitas Negeri Semarang

Wardoyo. 2013. Analisis Kesalahan Siswa Kelas X – 1 SMA Negeri 1 Curup Tengah dalam Menyelesaikan Masalah Divergen tentang Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. TESIS: FKIP Universitas Bengkulu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.