PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JAYAPURA

Authors

  • Kiki Ulfi Deri Sandy Universitas Cenderawasih
  • Yosefin Rianita Hadiyanti Universitas Cenderawasih
  • Pitriana Tandililing Universitas Cenderawasih

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk meneliti apakah ada pengaruh motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jayapura Tahun Ajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi belajar (X), sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar matematika (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jayapura Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 492 siswa yang tersebar pada 13 kelas. Sedangkan sampel diambil sebanyak 22% dari populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 108 siswa. Data dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil pemberian tes matematika dan angket motivasi belajar matematika. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu analisis regresi linier sederhana. Setelah dilakukan perhitungan, diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,639, sehingga diperoleh koefisien determinasi 41%. Setelah dilakukan perhitungan koefisien regresi a dan b, diperoleh persamaan regresi Y. Selanjutnya dari hasil analisis data diperoleh , kemudian dibandingkan dengan yaitu 3,93, dengan dk pembilang = 1, dk penyebut = 106, dan . Karena  maka  ditolak dan terima . Jadi dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jayapura Tahun Ajaran 2014/2015â€. Dalam penelitian ini diperoleh persamaan garis regresi Ŷ. Selanjutnya dilakukan pengujian kelinieran dari persamaan garis tersebut. Hasilnya, diperoleh nilai  sebesar 1,45. Nilai ini kemudian dibandingkan dengan nilai , dengan dk pembilang = 26, dk penyebut = 80, dan . Karena  , maka H0 diterima dan H1 ditolak, yang berarti model regresi Ŷ adalah linier.

 Kata kunci : motivasi belajar, prestasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineke Cipta.

Dimyati & Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineke Cipta.

Hadiyanti, Yosefin. 2012. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Purwanto, Ngalim. 1986. Ilmu Pendidikan : Teoritis dan Praktis. Bandung : Remaja Rosdakrya.

Sumanto. 2014. Psikologi Umum. Yogyakarta : CAPS.

Soemanto, Wasty. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineke Cipta.

Sugiyono. 2007. Stastika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Suyadihw. 2010. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa. Batang : Perguruan Tinggi.

Downloads

Published

2018-05-22

Issue

Section

Articles