ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA TOPIK KELILING DAN LUAS LINGKARAN DI KELAS VIII C SMP YPK HEDAM SEMESTER GENAP

Nober Salle, Matius Pai'pinan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan apa yang dilakukan siswa dan faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada topik keliling dan luas lingkaran. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang yang diambil dari siswa kelas VIII-C SMP YPK Hedam Abepura Semester Genap. Pemilihan subjek diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Bentuk soal tes dalam penelitian ini adalah soal uraian yang terdiri atas 3 butir soal. Validasi data dilakukan menggunakan triangulasi waktu, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan lingkaran meliputi: (1) kesalahan konsep; (2) kesalahan prosedur; dan (3) kesalahan teknis. Kesalahan konsep yang dilakukan terutama dalam menentukan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal, kesalahan prosedur yang dilakukan siswa meliputi kesalahan tidak lengkap dalam menjawab soal dan kesalahan karena penyelesaian tidak dilanjutkan, serta kesalahan teknis yang meliputi kesalahan dalam operasi perkalian ataupembagian, kesalahan dalam menghitung  luas lingkaran serta kesalahan dalam menghitung keliling lingkaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan terjadi karena beberapa faktor, diantaranya: siswa kurang memahami konsep lingkaran, siswa kurang tetili dalam menyelesaikan soal serta melakukan perhitungan.

 Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Keliling dan Luas Lingkaran


Full Text:

PDF

References


Fitroh I. 2011. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Malang. Malang: Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang.

Fuad, Anis & Kandung Sapto Nugroho. 2014. Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hasratuddin. 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang dan Yang Akan Datang Berbasis Karakter Vol. 1, No. 2, September 2014. Tersedia di: ttp://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/ download/ [diakses tanggal 19 Maret 2017]

Milles and huberman. 1992. Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan pendekatan Kwantitatif, Kwalitatif dan R&D) Bandung: Alfabeta

Rifai. Rosita. 2012. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Semarang dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Pokok Bahasan Lingkaran dengan Panduan Kriteria Watson. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Slameto.2015. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryasubrata, S. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Suryasubrata, S. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.