DESKRIPSI KESALAHAN JAWABAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TENTANG MENENTUKAN JARAK TITIK KE BIDANG DI KELAS X-2 SMA PEMBANGUNAN V YAPIS WAENA

Matius Pai'pinan, Yosefin Rianita Hadiyanti

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu : (1) untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal tentang menentukan jarak titik ke bidang, (2) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal tentang menentukan jarak titik ke bidang, (3) untuk memberikan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal tentang menentukan jarak titik ke bidang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga (3) orang yang dipilih dari siswa kelas X-2 SMA Pembangunan V Yapis Waena yang paling banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal menentukan jarak titik ke bidang yang telah diberikan sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes dan wawancara. Tes yang digunakan berbentuk tes uraian sebanyak empat (4) butir soal. Validasi data dilakukan dengan triangulasi yaitu dengan membandingkan data hasil tes tertulis dan data hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa adalah: (1) kesalahan siswa dalam pemahaman konsep meliputi kesalahan siswa dalam menentukan jarak titik ke bidang, (2) kesalahan pemahaman konsep dalam perhitungan meliputi kesalahan siswa dalam menyelesaikan perpangkatan, (3) kesalahan perhitungan dalam menyelesaikan soal dan (4) kesalahan teknis yaitu kesalahan siswa dalam penulisan. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa meliputi (1) siswa tidak mengetahui konsep jarak yang dimaksud dari soal tersebut, (2) siswa tidak mengetahui konsep perhitungan dalam perpangkatan, (3) siswa tidak teliti dalam melakukan operasi perhitungan dan (4) siswa tidak teliti dalam penulisan.

 Kata kunci : analisis, kesalahan,  jarak,  titik,  bidang.


Full Text:

PDF

References


Lipianto, Danang. 2008. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesakan Soal Yang Berhubungan Dengan Persegi Dan Persegipanjang Berdasarkan Taksonomi Solo Plus Pada Kelas Vii. Surabaya: Jurnal Pendidikan Matematiaka

Pateda, Mansoer. 1990. Analisis Kesalahan. Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta : Kencana Peranada Media Group

Soejadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematik Di Indonesia (Konstanta Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan). Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Trianto, M.Pd. 2011. Pengantar Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Wirodikromo, Sartono. 2007. Buku Matematika Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.