ANALISIS KESALAHAN JAWABAN PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMP YPPK SANTU PAULUS ABEPURA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK

Roni Matius, Happy Lumbantobing, Pitriana Tandililing

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian adaalh untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan jawaban peserta didik dan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan jawaban peserta didik serta bagaimana solusi untuk mengatasi kesalahan jawaban yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan kubus dan balok. Subjek pada penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang yang diambil dari peserta didik kelas VIII B SMP YPPK Santu Paulus Abepura Semester Genap. Keenam orang tersebut terbagi dalam dua orang kelompok tinggi, dua orang kelompok sedang dan dua orang kelompok rendah. Tes yang digunakan berbentuk tes uraian yang terdiri dari 4 (empat)  butir soal dalam bentuk cerita. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan kubus dan balok meliputi kesalahan konsep, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknis. Kesalahan konsep yang dilakukan peserta didik terutama pada pengunaan rumus yang tidak sesuai. Kesalahan prosedural yang dilakukan peserta didik yaitu dalam melakukan operasi pembagian bentuk pecahan, meski konsep awal yang digunakan sudah benar. Kesalahan teknis yaitu kesalahan yang dilakukan peserta didik karena kurang teliti dalam melakukan pembagian sehingga hasil akhir yang diperoleh salah. Faktor-faktor penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan kubus adalah peserta didik kurang memahami dengan rumus yang akan digunakan, peserta didik kurang memahami pembagian bentuk pecahan, dan peserta didik kurang teliti dalam melakukan penyelesaian. Solusi alternatif untuk mengatasi kesalahan-kesalahan tersebut adalah guru harus lebih banyak memberikan latihan dan tugas dalam bentuk soal cerita, guru harus memperdalam penguasaan peserta didik pada materi aljabar, dan peserta didik harus teliti dalam melakukan penyelesaian.

 Kata kunci: Analisis kesalahan, soal cerita, kubus dan balok.


Full Text:

PDF

References


Nurafida, N. 2013. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 5 Jepara. Skripsi: IKIP PGRI Semarang.

Ramdhani, Y. R. 2011. Analisis Kesalahan Siswa Kelas XA SMA YPPK Teruna Bhakti Jayapura Tahun Pelajaran 2010/2011 Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Trigonometri. Skripsi: Universitas Cenderawasih.

Sugijono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, H. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Kalapa Gunung: Refika Aditama.

Trianto, 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.