ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN BALOK DI KELAS VIII – F SEMESTER II SMP NEGERI 2 JAYAPURA

Ina Nurjanatin, Gatot Sugondo, Mayor M H Manurung

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi luas permukaan balok dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi luas permukaan balok. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh tiga orang yang diambil dari peserta didik kelas VIII-F SMP Negeri 2 Jayapura Semester II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Tes yang digunakan berbentuk tes uraian sebanyak empat butir soal. Validitas data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi luas permukaan balok adalah: (1) kesalahan terjemahan, yaitu salah dalam menuliskan apa yang diketahui dari soal, (2) kesalahan konsep, yaitu salah dalam menggunakan rumus untuk mencari luas permukaan balok dan perbandingan luas permukaan balok, (3) kesalahan strategi, yaitu salah dalam menentukan langkah-langkah penyelesaian soal, dan (4) kesalahan operasi, yaitu salah dalam menghitung penyelesaian soal. Faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi luas permukaan balok adalah peserta didik kurang memahami maksud soal dengan baik, kurang cermat dalam membaca soal, kurang teliti, lupa konsep, tidak menguasai konsep untuk rumus luas permukaan balok, tidak menguasai operasi dasar aljabar dan penyederhanaan, tidak menguasai langkah-langkah dalam menyelesaikan soal, kurang berlatih dalam mengerjakan latihan-latihan soal, terlalu terburu-buru, dan tidak percaya diri.

 Kata kunci: Analisis kesalahan, soal cerita, luas permukaan balok.


Full Text:

PDF

References


Malik, Noor Qomarudin. 2011. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP 4 Kudus dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Pokok Bahasan Segiempat dengan Panduan Kriteria Polya. (Online). (http://lib.unnes.ac.id/5289/1/7679.pdf) diakses pada 02 Februari 2017.

Sahriah, Sitti. 2012. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. (Online). (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel) diakses pada 18 Januari 2017.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunarsi, Anis. 2009. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Luas Permukaan serta Volume Prisma dan Limas pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2008/2009. (Online). (https://eprints.uns.ac.id /250/1/168130609201010141.pdf) diakses pada 16 Janurai 2017.

Wijaya, Aris Arya. 2012. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. (Online). (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id /index.php/mathedunesa/article/view/1453) diakses pada 04 Maret 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.