ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS PENGAJUAN SOAL (PROBLEM POSING) PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS X-C SMA YPPK TERUNA BAKTI JAYAPURA

Fitra Maharani, Bettisari Napitupulu, Mayor M H Manurung

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas pengajuan soal (problem posing) pada materi trigonometri ditinjau dari kemampuan matematika yang lebih mendalam. Subjek pada penelitian ini berjumlah tiga orang siswa dari kelas X-C SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura. Pemilihan subjek diperoleh menggunakan teknik purposive sampling yaitu mengelompokkan tingkat kemampuan siswa berdasarkan nilai UTS yaitu 27% kelompok tinggi, 46% kelompok sedang, 27% kelompok rendah. Kemudian dari setiap kelompok dipilih masing-masing satu orang yaitu siswa yang mengajukan soal terbanyak yang dapat dipecahkan. Pengambilan data diperoleh dari hasil tes pengajuan soal dan wawancara yang dilakukan sebanyak dua kali. Untuk menguji validitas data, dilakukan triangulasi waktu. Hasil penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas pengajuan soal. Siswa berkemampuan tinggi dapat mengajukan tujuh soal yang dapat dipecahkan. Seluruh soal yang diajukan berkaitan dengan materi trigonometri. Seluruh penyelesaian dari soal yang diajukan tergolong jawaban benar. Tingkat kesulitan soal yang diajukan yaitu dua soal tergolong mudah, tiga soal tergolong sedang, dan dua soal tergolong  sulit. Siswa berkemampuan sedang dapat mengajukan empat soal yang dapat  dipecahkan. Seluruh soal yang diajukan berkaitan dengan materi trigonometri. Penyelesaian dari dua soal yang diajukan tergolong jawaban sebagian benar dan penyelesaian dari dua soal yang diajukan tergolong jawaban benar. Tingkat kesulitan soal yang diajukan yaitu satu soal tergolong mudah, dua soal tergolong sedang, dan satu soal tergolong sulit. Siswa berkemampuan rendah dapat mengajukan empat soal tetapi ada satu soal yang tidak dapat dipecahkan. Semua soal yang diajukan berkaitan dengan materi trigonometri. Penyelesaian dari dua soal yang diajukan digolongkan jawaban sebagian benar, penyelesaian dari satu soal yang diajukan digolongkan jawaban salah, dan penyelesaian dari satu soal yang diajukan digolongkan jawaban benar. Tingkat kesulitan soal yang diajukan yaitu satu soal tergolong mudah, dua soal tergolong sedang, dan satu soal yang diajukan tidak dapat digolongkan tingkat kesulitannya.

 Kata kunci: pengajuan soal, trigonometri, problem posing.


Full Text:

PDF

References


Agustina, Ika W. dan Amin, Siti M. 2013. Profil Pengajuan Soal Matematika Siswa Kelas VII SMP pada Materi Perbandingan Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan dan Jenis Kelamin. (Online),(http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id)diakses 20 Mei 2017.

Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Qomaroh. 2013. Profil Pengajuan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Implusif Kelas VII di MTS Jabal Noer Taman Sidoarjo. Skripsi. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Surabaya. (Online), (http://digilib.uinsby.ac.id/10942/), diakses 20 Mei 2017.

Siswono, Tatag Y. E. 2000. Pengajuan Soal (Problem Posing) Oleh Siswa dalam Pembelajaran Geometri di SLTP. Seminar Nasional Matematika. (Online), (https://tatagyes.file.wordpress.com./2009/11/paper00_problemposing.pdf.), diakses 26 Februari 2017

. 2004. Upaya meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. (Online),

(https://tatagyes.file.wordpress.com).), diakses 26 Februari 2017.

Siswono, Tatag Y. E dan Nisa', Fitrotun. 2014. Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP dalam Pengajuan Soal Materi Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 3. No. 2. (Online), (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id)diakses 26 Februari 2017

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.