PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK SISWA KELAS IX MTs AL MUTTAQIN BUPER JAYAPURA

PRIHATEN MASKHULIAH, YUSUF BUNGKANG

Abstract


Research and development ( R & D) about study use module nature of science base on skill approach process science aim to that is: (1) Knowing the way development module at study nature of science. (2) Knowing elegibility from development module at study nature of science. (3) Knowing effectiveness module at study nature of science. (4) Knowing excess and insuffiency module at study nature of science. Analyse data use analysis SPSS 21 to know and reliability validity analysis, descriptive of percentage, normality, different test (test-t) and homogeneity. Result of analysis n-Gain mean of result learning the experiment class 0,73 high concept domination category and the class control 0,65 domination category conception medium. Result of final analysis use SPSS 21 for test-t got by result T calculate ( 3,384) > T tables of ( 1,686), hence is ha refused by its meaning there is domination difference conception between experiment class taught use module nature of science base on skill approach process science with control class which is not taught to use module nature of science base on skill approach process science. Result of mean assess descriptive analysis for the skill process science from plan study execution 1-3 that is assess 3 good category and 4 category very good, so that the skill process effective science used in study.


Full Text:

PDF

References


Alimah F., Lidy. 2013. Pengembangan Modul Fisika Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Berbasis Domain Pengetahuan Sains Untuk Mengoptimalkan Minds-on Siswa SMA Negeri 2 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis S2 Pascasarjana Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo.Radiasi.Vol.3.No.1.Lidy Alimah Fitri.

Daryanto, dkk., 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta; Gava Media.

Ditasari, Rahma, dkk.2013. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berpendekatan Keterampilan Proses Pada Tema Dampak Limbah Rumah Tangga Terhadap Lingkungan Untuk SMP Kelas VIII.Tesis S2 Prodi Pendidikan IPA.Journal Universitas Negeri Semarang, Indonesia. Unnes Science Education Journal 2 (2)

Ghosali.2002. Uji Validitas dan reliabilitas Tes Menggunakan SPSS. /Www.google.com/akses 19 Desember 2016/

Irawaty, 2016.Pengembangan Modul Fisika Berbasis Karakter Dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Darul Ma’arif Numbay Jayapura. Tesis.S2 Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Pendidikan IPA Universitas Cenderawasih.

Masmedia Buana Pustaka. 2015. Mentor Untuk SMP/MTs 2015. Sidoarjo: Masmedia Knowledge Explorer.

Kemendikbud. 2015. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam.Jakarta; Kemendikbud.

Oktavia R.,Friska. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains.Tesis S2 Pendidikan FisikaUniversitas Muhammadiyah Metro.JPF. Vol. III. No. 1.Maret 2015.

Omegawati, Wigati H., dkk. 2015. IPA Terpadu Kelas IX. Klaten: Intan Pariwara.

Palayaswati, Indriyani, dkk..2015. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Dengan Tema Air Limbah Rumah Tangga.Tesis S2 Program Studi Magister Pendidikan Sains FKIP Universitas Sebelas Maret.Jurnal Inkuiri Vol 4 No 3.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006.

Rahdiyanta, Dwi. 2016. Teknik Penyusunan Modul. /www.google.com/akses 19 Desember 2016/

Rufaida, Anis D., 2012.Bank Soal Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs. Yogyakarta: Citra Aji Parama.

Riduwan. 2013. Teknis Menyusun Tesis. Bandung; Alfabeta.

Rustamaji. 2013. Pengembangan Modul Fisika Sekolah Menengah Atas Pada Konsep Gelombang Mekanik. Tesis S2 Pascasarjana Pendidikan IPA UNCEN.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian & Pengembangan.Bandung; Alfabeta.

Suryaningsih, Nunik Setiyo. 2010. Pengembangan media cetak modul sebagai media pembelajaran mandiri pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VII semester 1 SMP Negeri 4 Jombang. Surabaya./Www.google.com/akses 19 Desember 2016/

Tahwil, Muh.,dkk., 2014. Keterampilan-keterampilan Sains dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA.Makasar; Badan Penerbit UNM.

Tim Abdi Guru.2013. IPA Fisika Untuk SMP Kelas IX.Jakarta; Erlangga.

Tim Masmedia Buana Pustaka. 2017. PASSWORD. Jakarta: Masmedia.

Tim Srikandi Eksakta. 2015. IPA-FISIKA Berbasis Pendidikan Karakter Bangsa. Bandung; Sewu (Srikandi Empat Widya Utama).

Utomo, Tjipto. 2016. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama./Www.google.com/akses 19 Desember 2016/

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sdm.data.kemdikbud.go.id/SNP/dokumen/undang-undang-no-20 tentang-sisdiknas.pdf

Wahyuningsih, Fia. 2016. wordpress.com/hewan_dengan_kekuatan_listrik/akses 01 Januari 2017/

Windarsih,Gut. 2012. IPA TERPADU. Klaten: Intan Pariwara

Wulandari, Yayan. 2014. Fisika SMP. Tangerang Selatan: Scientific Press.

Www.apakabardunia.com/2013/09/7_hewan_dengan_kekuatan_listrik_memati-kan/akses 01 Januari 2017/




DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v5i1.238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA