IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X IPA SMA SE- KABUPATEN SORONG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Saban Budi Cahyono, BASA RUMAHORBO

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian diskriptif  kualitatif. Penelitian ini menggunakan sampel,  dengan responden  guru biologi kelas X IPA SMA Se- Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2016/2017 yang menerapkan kurikulum 2013. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahuiImplementasi Kurikulum 2013Dalam Proses Pembelajaran Biologi  Kelas X IPA SMA Se- Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2016/2017.

Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa : (1) implenetasi kurikulum 2013 Dalam Proses Pembelajaran Biologi  Kelas X IPA SMA Se- Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam kategori  50% sebagian besar terlaksana,  (2) hambatan yang terjadi pada implementasi Kurikulum 2013 dalam Proses  pembelajaranbiologi  kelas X IPA  SMA se-Kabupaten Sorong adalah silabus yang terbaru tidak ada alokasi waktu dan indikator pencapaian kompetensi (IPK), format rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang masih sering mengalami revisi, ketersediaan sarana dan sumber belajar belum memadai.(3) solusi  mengatasi hambatan yang terjadi pada implementasi kurikulum 2013 dalam proses  pembelajaran adalah dilakukannaya in house trainning (IHT) supervisi dan pendampingan.

Kata kunci : implementasi, kurikulum 2013, proses pembelajaran, biologi SMA


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v5i3.315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA