BUKU KENDALI TAGIHAN LITERASI PEMBENTUK KARAKTER KERJA KERAS PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SMA NEGERI 3 JAYAPURA

Authors

  • EULIS ANGGIA BUDIARTI

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v5i3.318

Abstract

Pola belajar ketika siswa di SD atau SMP yang tidak sama dengan pola belajar di SMA sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan proses belajar. Hal tersebut terlihat dari siswa SMA Negeri 3 Jayapura yang rendah minat bacanya berkaitan dengan latar belakang siswa yang tidak biasa membaca. Pola Literasi yang digulirkan Pemerintah belum begitu efektif, oleh karena itu perlu guru bahasa Indonesia memikirkan suatu cara yang dapat memotivasi siswa untuk gemar membaca dan memiliki karakter kerja keras.

Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah Buku Kendali Tagihan Literasi dapat membentuk karakter kerja keras?

Metode penelitian kualitatif deskripsi. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi. Sampel penelitian adalah siswa SMA Negeri 3 Jayapura berjumlah 194.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa 1) buku Kendali Tagihan Literasi menumbuhkan karakter kerja keras siswa. 91% siswa telah menyelesaikan kegiatan literasi dengan membaca buku sebanyak minimal 4 buku dalam 1 semester.

 

Kata Kunci: kartu kendali, literasi, budaya tutur, kerja keras

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-28

Issue

Section

Articles