PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK THALK WRITE (TTW) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 OKSIBIL

BENEDICTA ENDAWATI TITIRLOLOBY, BASA RUMAHORBO

Abstract


guna mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TTW dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar dan hasil belajar siswa dan bagaimana interaksi antara model pembelajaran TTW dan motivasi belajar dengan disiplin dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati di Kelas X SMA Negeri 1 Oksibil telah dilakukan penelitian pada bulan September sampai dengan Oktober 2017.

Terdapat  pengaruh  antara  model  pembelajaran  TTW  terhadap  disiplin  belajar  siswa. Tidak ada pengaruh antara model pembelajaran TTW terhadap hasil belajar biologi. Terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa. Tidak ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa. Tidak ada pengaruh antara model pembelajaran  TTW  terhadap  disiplin  belajar  dan  hasil  belajar  biologi  siswa.  Tidak  ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap disiplin belajar dan hasil belajar siswa. Terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran TTW dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa. Tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran TTW dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa. Terdapat peningkatan hasil belajar biologi siswa.

Kata  Kunci  :  Model  Pembelajaran  Think Talk Write (TTW),  Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar Biologi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v5i3.319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA