PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KIMIA YANG MAMPU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMANDIRIAN SISWA SMA

RAMLAN SILABAN, SALIM EFENDI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sejauhmana model pembelajaran kimia yang diterapkan mampu meningkatkan hasil belajar kognitif dan karakter kemandirian siswa SMA. Untuk mencapai tujuan dilakukan penelitian eksperimen semu pada pembelajaran hidrokarbon di kelas X SMA. Kelas eksperimen dibagi dalam 2 kelompok yakni yang diajar dengan dan tanpa media peta pikiran, keduanya menerapkan pendekatan advance organizer. Data berupa hasil hasil belajar kimia beranah kognitif dan karakter kemandirian diperoleh dari jawaban responden atas pertanyaan yang diajukan dalam instrumen test dan non test yang sudah memenuhi persyaratan. Data dianalisis secara deskriptif dan juga statistik menggunakan uji t satu pihak pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) model pembelajaran kimia yang memadukan strategi advance organizer dengan media peta pikiran mampu mengembangkan hasil belajar kognitif siswa SMA, (2) model pembelajaran kimia yang memadukan strategi advance organizer dengan media peta pikiran mampu mengembangkan karakter kemandirian siswa SMA, (3). terdapat hubungan antara karakter kemandirian dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan media mind mapping pada model pembelajaran advance organizer.

 

 

Kata Kunci : Mind Mapping, advance organizer, kemandirian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v1i2.330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA