PENGARUH SELF LEADERSHIP MAHASISWA, MOTIASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA KEPERAWATAN DI POLTEKES KEMENKES SORONG

PANEL SITUMORANG

Abstract


Penelitian ini untuk menguji dan menganalisa pengaruh Pengaruh Self Leadership Mahasiswa, Motiasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Indeks Prestasi Akademik Mahasiswa Keperawatan di Poltekes Kemenkes Sorong, Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisa 1. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan Self leadership mahasiswa terhadap indeks prestasi mahasiswa keperawatan Poltekes Kemenkes Sorong. 2. Untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang signifikan  Motivasi Belajar  terhadap indeks prestasi mahasiswa keperawatan Poltekes Kemenkes Sorong. 3.Untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang signifikan Minat belajar   terhadap indeks prestasi mahasiswa keperawatan Poltekes Kemenkes Sorong.

Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 31 mahasiswa keperawatan Poltekes Kemenkes Sorong. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 19. Kesimpulan yang dapat dihasilkan dari penelitian ini, yaitu: 1. Variabel leadership, motivasi belajar dan  minat belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap indeks prestasi mahasiswa keperawatan poltekes kemenkes Sorong, berdasarkan pada hasil uji F yang menunjukkan bahwa F – hitung (25,313) > F – tabel (2,89). 2. Variabel leadership secara parsial berpengaruh signifikan terhadap indeks prestasi mahasiswa keperawatan poltekes kemenkes Sorong, berdasarkan pada hasil uji t yang menunjukkan bahwa t – hitung (2,372) > t – tabel (1,706). 3. Variabel motivasi belajar  secara parsial berpengaruh signifikan terhadap indeks prestasi mahasiswa keperawatan poltekes kemenkes Sorong, berdasarkan pada hasil uji t yang menunjukkan bahwa t – hitung (2,410) > t – tabel (1,706). 4. Variabel minat belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap indeks prestasi mahasiswa keperawatan poltekes kemenkes Sorong, berdasarkan pada hasil uji t yang menunjukkan bahwa t – hitung (2,896) > t – tabel (1,706). 5. Minat belajar merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap indeks prestasi mahasiswa keperawatan poltekes kemenkes Sorong.

Kata Kunci : Self Leadership, Motivasi Belajar, Minat Belajar dan Indeks Prestasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v2i2.335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA