PENGARUH METODE EKSPERIMEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 DUM KOTA SORONG

ANI WAHYUNTARI, ALFRED ANTOH

Abstract


Telah dilakukan Penelitian tentang pengaruh metode eksperimen dan motivasi belajar terhadap penguasaan konsep pada pokok bahasan listrik dinamis siswa kelas IX SMP Negeri  1  Dum  Kota  Sorong.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh penggunaan  metode  eksperimen  (X1)  terhadap  penguasaan  konsep  (Y),  motivasi belajar (X2) terhadap penguasaan konsep  (Y) serta secara bersama-sama penggunaan metode eksperimen (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap penguasaan konsep (Y). Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara metode eksperimen, motivasi belajar dan secara bersama-sama metode eksperimen dan motivasi belajar terhadap penguasaan konsep pada  pokok  bahasan  listrik  dinamis  pada  siswa  kelas  IX  SMP  Negeri  1  Dum  Kota Sorong.

 

Kata  Kunci  :  Metode  Eksperimen,  Motivasi  Belajar,  Penguasaan  Konsep Fisika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v2i2.337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA