PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DAN KEMAMPUAN BERIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 JAYAPURA KAROLINA TANAWANI

KAROLINA TANAWANI

Abstract


Tujuan Penelitian ini  adalah untuk mengkaji perbedaan metode pembelajaran berbasis lingkungan terhadap hasil belajar dan kemampuan berikir kritis  siswa pada pelajaran Biologi. Rancangan penelitian ini menggunakan pola desain kelompok kontrol pre tes – pos tes (The Pre Test – Post test Control Group Design). Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis lingkungan dalam penyampaian pembelajaran Biologi sangat sesuai. Oleh karena itu penerapan metode pembelajaran berbasis lingkungan dapat diterapkan dalam setiap bahan ajar geografi bernuansa spasial.   

Kata Kunci:  Metode pembelajaran berbasis lingkungan, metode konvensional, hasil belajar dan kemamapuan berfikir kritis siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v2i3.341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA