PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, SUPERVISI DAN KEPUASAN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU MIPA DI YAYASAN PENDIDIKAN ADVENT TIMIKA

Authors

  • DONALD TIOGAS
  • AULDRY WALUKOW

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v2i3.343

Abstract

Guna mengetahui pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah, supervisi dan kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru MIPA di Yayasan Pendidikan Advent Timika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Dilakukan pada bulan Juli hingga Desember 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah guru MIPA di Yayasan Pendidikan Advent Timika dengan jumlah sampel  23 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berupa angket. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 16.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Guru MIPA Yayasan Pendidikan Advent Timika sebesar 73,10%; Supervisi Kepala Sekolah kepada Guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Guru MIPA Yayasan Pendidikan Advent Timika sebesar 55,10%; Kepuasan Kerja Guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Guru MIPA Yayasan Pendidikan Advent Timika sebesar 72,40%; Secara bersama-sama Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Guru dan Kepuasan Kerja Guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Guru MIPA Yayasan Pendidikan Advent Timika sebesar 84,10%. Faktor-faktor tersebut secara bersama-sama ikut berperan dalam menentukan tercapainya kinerja guru MIPA yang maksimal.

Kata Kunci :   Kepemimpinan Kepala Sekolah,Supervisi, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru MIPA

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-03

Issue

Section

Articles