EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI KEUANGAN SMK NEGERI 2 JAYAPURA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

WELMINA OETAMA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran langsung, (2) perbedaan hasil belajar siswa dalam bunga uang yang memiliki motivasi tinggi, menengah, dan miskin dalam pembelajaran, (3 ) ada interaksi model pembelajaran dengan tingkat motivasi seberang hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen, sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Sampel penelitian adalah 54 siswa. Instrumen terdiri dari tes dan kuesioner motivasi. Untuk mengumpulkan data dari hasil belajar siswa setelah mereka melakukan tes dan hasil dari kuesioner motivasi. Semua data dianalisis dan diuji oleh uji statistik univariat parametrik (ANAVA) dengan menggunakan SPSS versi 16.0. Dari tiga hipotesis yang diajukan hasilnya menunjukkan bahwa: (1) ada yang berbeda secara signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran langsung, nilai sig 0,014 <α 0,05 adalah, (2) ada signifikan interaksi antara hasil belajar siswa bunga uang dengan tingkat motivasi siswa dalam belajar, nilai sig 0,013 <α 0,05, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat siswa motivasi, nilai sig 0.601> α 0,05.

Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar siswa, uang bunga, Motivasi belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v3i1.347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA