PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADTOGETHER (NHT) TERHADAP MATERI PENCACAHAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI MANOKWARI

SERLANI BESLAR, TIURLINA SIREGAR

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh : Model pembelajaran kooperatif type Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran kaidah pencacahan terhadap keaktifan siswa. Model pembelajaran kooperatif type Numbered Head Together (NHT) pada pelajaran kaidah pencacahan terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan adalah eksperimen, analisa data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian  model pembelajaran (X) tidak memberikan pengaruh terhadap keaktifan siswa (Y1), pada pembelajaran kaidah pencacahan ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi hitung > 0,05 (Taraf 5%), persamaan regresi Y1=70.637 + 0,069X,   model pembelajaran (X) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar (y) signifikansi hitung < signifikansi tabel (Taraf 5%), 0,016 < 0,05 besarnya pengaruh model pembelajaran (X) terhadap hasil belajar  (Y2) adalah 0,178 tergolong sangat rendah ini berarti kontribusi variabel X terhadap Y adalah 17,8%, persamaan regresi Y2= 0,117 + 0,08X

 

Kata Kunci: Model NHT, Keaktifan Siswa, Pencacahan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v3i2.351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA