ANALISIS PERTUMBUHAN MINAT BELAJAR MIPA MAHASISWA PAPUA PADA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH TAHUN 2010 SAMPAI DENGAN 2014

ALFRED ANTOH, TIURLINA SIREGAR

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pertumbuhan minat belajar Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi mahasiswa asli Papua di Jurusan Pendidikan Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, FKIP Uncen. (2) Untuk melihat tingkat proporsi dan sebaran jumlah mahasiswa asli Papua di dalam Jurusan Pendidikan Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, FKIP Uncen per-program studi. Data yang sudah ada selanjutnya dianalisis menggunakan statistik deskriptif melalui langkah-langkah sebagai berikut : (a) dideskripsikan, (b) dipresentasikan (c) diuraikan secara verbal, dan (d) disimpulkan. Hasil yang diperoleh dari penelitia ini adalah (1) Minat mahasiswa asli Papua yang terdaftar sebagai mahasiswa Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUncen atau berkisar antara 10-15% dari jumlah total rata-rata pada Program Studi Pendidikan Matematika, Kimia, Biologi dan Fisika (2) Mahasiswa asli Papua memiliki kecenderungan untuk pindah pprogram ke ilmu-ilmu sosial sebagai akibat menurunnya Indeks Prestasi Komulatif (IPK) mahasiswa yang terus menurun di awal semester satu dan dua. Rendahnya kemampuan awal mahasiswa menyebabkan untuk pindahke Program Studi Ilmu-Ilmusosial di Lingkungan FKIP atau keluar ke Fakultas lainnya di Lingkungan Universitas Cenderawasih  .

 Kata Kunci: Papua, Minat,  MIPA

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v3i3.358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA