PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA

ROEWIJADI ROEWIJADI, TIURLINA SIREGAR

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar kimia antara siswa yang diterapkan model pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan inkuiri terbimbing dan siswa yang diterapkan pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan kuasi eksperimen yang melibatkan kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan rancangan penelitian menggunakan the non-equivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan inkuiri terbimbing dan variabel terikat adalah motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Merauke pada tahun pelajaran 2014/2015. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA-5 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XMIPA-6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa pada tiap kelas sama yaitu 45 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dimana nilai N-Gain rata-rata kelas kontrol 0,38 dan kelas eksperimen 0,70. Berdasarkan pengolahan data menggunakan program SPSS 16.0 diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan inkuiri terbimbing memberika perbedaan positif terhadap motivasi dan hasil belajar kimia pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Merauke tahun pelajaran 2014/2015. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan inkuiri terbimbing dapat dijadikan pilihan yang baik dalam menentukan model pembelajaran yang akan digunakan di kelas.

 

Kata kunci  : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Konsep Reaksi Redoks, SMA Negeri 1 Merauke.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v3i3.360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA