HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI EKSPERIMEN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA GAYA DAN GERAK MAHASISWA PROGRAM STUDI GEOLOGI UNIVERSITAS OTTOW GEISSLER PAPUA

THEOPHILUS TIPAWAYEL

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hubungan model pembelajaran berbasis masalah melalui metode eksperimen terhadap motivasi belajar fisika pada materi gaya dan gerak (2) untuk mengetahui hubungan model pembelajaran berbasis masalah melalui metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika pada materi gaya dan gerak mahasiswa program studi geologi Universitas Ottow Geissler Papua. Difinisi variabel yang diteliti adalah dengan melalui hubungan model pembelajaran berbasis masalah melalui metode eksperimen terhadap motivasi belajar mendorong mahasiswa  lebih meningkatkan hasil belajar. Dengan menggunakan metode eksperimen mahasiwa dapat menemukan karya ilmiah yang bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan terutama konsep gaya dan gerak khususnya Hukum-Hukum Newton.  Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling   yaitu sampling jenuh bila semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu berjumlah 15 orang. Metode analisis yang digunakan yaitu kuantitatif. Hasil penelitian yang didapat yaitu harga r hitung > r tabel ( 0,6721 > 0,514) koefisien korelasi determinan ( r2) sebesar 45 % variabel motivasi belajar dan sisanya 55 % oleh faktor lainnya.Simpulannya  karena rb =0,8 dan r tabel 0,553 maka keputusannya r b > r tabel berarti reliabel artinya kategori ada hubungan yang signifikan dan kuat antara hubungan model pembelajaran berbasis masalah melalui metode eksperimen terhadap motivasi belajar.

 

Kata  kunci : Metode Eksperimen, Motivasi, Hasil Belajar, Gaya dan Gerak.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v3i3.362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA