PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE SISWA KELAS X SMA YPPK YOS SUDARSO MERAUKE

ELLY AVIDA SARAGIH

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Materi Elastisitas Dan hukum Hooke Siswa kelas X SMA YPPK Yos Sudarso Merauke. Hasil Penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning sebesar r = 0,933, sedangkan besarnya sumbangan model pembelajaran discovery learning sebesar r square = 87,1% dan sisanya sebesar 12,9% ditentukan oleh sebab lain yang tidak diteliti. (2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA YPPK Yos Sudarso Merauke pada materi Elastisitas dan hukum Hooke sebesar r = 0,362, sedangkan besarnya sumbangan motivasi belajar siswa r square = 13,1% dan sisanya 86,9% ditentukan oleh sebab lain yang tidak diteliti. (3) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA YPPK Yos Sudarso Merauke pada materi Elastisitas dan hukum Hooke sebesar r = 0,934 sedangkan besarnya sumbangan model pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA YPPK Yos Sudarso Merauke pada materi Elastisitas dan hukum Hooke r square = 87,2% dan sisanya 12,8% ditentukan oleh sebab lain yang tidak diteliti.

 

Kata Kunci :Model Pembelajaran Discovery Learning, Motivasi Belajar , Hasil Belajar Elastisitas dan Hukum Hooke.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v4i1.364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA