PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE SISWA KELAS X SMA YPPK YOS SUDARSO MERAUKE

Authors

  • ELLY AVIDA SARAGIH

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v4i1.364

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Materi Elastisitas Dan hukum Hooke Siswa kelas X SMA YPPK Yos Sudarso Merauke. Hasil Penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning sebesar r = 0,933, sedangkan besarnya sumbangan model pembelajaran discovery learning sebesar r square = 87,1% dan sisanya sebesar 12,9% ditentukan oleh sebab lain yang tidak diteliti. (2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA YPPK Yos Sudarso Merauke pada materi Elastisitas dan hukum Hooke sebesar r = 0,362, sedangkan besarnya sumbangan motivasi belajar siswa r square = 13,1% dan sisanya 86,9% ditentukan oleh sebab lain yang tidak diteliti. (3) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA YPPK Yos Sudarso Merauke pada materi Elastisitas dan hukum Hooke sebesar r = 0,934 sedangkan besarnya sumbangan model pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA YPPK Yos Sudarso Merauke pada materi Elastisitas dan hukum Hooke r square = 87,2% dan sisanya 12,8% ditentukan oleh sebab lain yang tidak diteliti.

 

Kata Kunci :Model Pembelajaran Discovery Learning, Motivasi Belajar , Hasil Belajar Elastisitas dan Hukum Hooke.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-03

Issue

Section

Articles