PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE ROLE PLAYING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN KELAS IV SD INPRES DEKAI KABUPATEN YAHUKIMO

ADRIANA ARDI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA dengan menggunakan metode role playing terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa kelas IV di SD Inpres Dekai tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan desain Paradigma Ganda, dengan populasi siswa kelas IVA sebagai kelas uji coba dan IVB sebagai kelas penelitian sebanyak 80 sampel. Pengumpulan data didapat melalui tes angket metode role playing, angket minat belajar dan tes hasil belajar yang sebelumnya sudah diuji validasi terlebih dahulu. Tehnik analisa data menggunakan SPSS versi 16. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh penerapan metode role playing terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,929, (2) terdapat pengaruh penerapan metode role playing terhadap minat belajar siswa sebesar 0,926, (3) terdapat hubungan penerapan metode role playing terhadap hasil belajar siswa sebesar 92,9%, (4) terdapat hubungan penerapan metode role playing terhadap minat belajar siswa sebesar 92,6%.

Kata kunci: Metode Role Playing, Minat, Hasil Belajar, Mahluk Hidup dan Lingkungan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v4i1.365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA