HUBUNGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PEMBIAKAN TANAMAN SECARA GENERATIF SISWA KELAS X AGRIBISNIS SMK NEGERI 7J AYAPURA

ROBBY ABDUL GANI

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan antara model pembelajaran kooperatif melalui metode eksperimen pada materi pembiakan tanaman secara generative dengan motivasi belajar, (2) hubungan antara model pembelajaran kooperatif melalui metode eksperimen pada materi pembiakan tanaman secara generative dengan hasil belajar siswa, (3) peningkatan basil belajar siswa setelah diberi kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran melalui metode eksperimen. Uji eksperimen dilaksanakan pada SMK Negeri 7 Jayapura kelas X Aribisnis. Hasil penelitianya itu (a) model pembelajaran kooperatif melalui metode eksperimen dengan motivasi belajar diperoleh hasil sig hitung (0,011)<0,05 dan koefisien korelasi 0,634 berarti terdapat hubungan padataraf kepercayaan 95%, dan hubungan pada tingkat korelasi kuat (b) model pembelajaran kooperatif melalui  metode eksperimen dengan hasil belajar siswa sig hitung RPP rata-rata (0,027)<sig0,05 dan koefisien korelasi 0,570 berarti terdapat hubungan pada taraf kepercayaan 95% dan hubungan pada tingkat korelasi sedang (c) terjadinya peningkatan hasil belajar antara pada masing-masing RPP dikarenakan siswa sudah mulai memahami dan senang belajar dengan menggunakan model kooperatif melalui metode eksperimen. Peningkatan hasil belajar juga terlihat dari jumlah siswa yang mencapai nilai KKM mencapai 86,67 %.I

Katakunci: Metode Eksperimen, Motivasi, Hasil Belajar, Pembiakan Tanaman


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v4i1.366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA