PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE EKSPERIMEN TERHADAP DISIPLIN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI GELOMBANG SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 2 SORONG

NATALI LAPIK

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh  penerapan pembelajaran kooperatif melalui metode eksperimen terhadap disiplin  dan hasil belajar Fisika pada materi gelombang siswa kelas XII  IPA SMA negeri 2 Sorong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif melalui metode eksperimen (X) terhadap disiplin belajar  (Y1) dan terhadap hasil belajar (Y2) Siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berbentuk korelasional. Hasil penelitian menunjukkan : (1). Ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif melalui  pendekatan eksprimen (X) terhadap disiplin  (Y1) sebesar   r = 0,289. Sedangkan besarnya sumbangan penerapan model pembelajaran kooperatif melalui  pendekatan eksprimen (X) terhadap disiplin belajar siswa (Y1) sebesar r square = 0,304 = 30,4 %. (2). Ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif melalui  pendekatan eksprimen (X) terhadap hasil  belajar siswa (Y2) sebesar  r = 0,155. Sedangkan besarnya sumbangan penerapan model pembelajaran kooperatif melalui metode eksperimen (X) terhadap hasil belajar siswa (Y1) adalah sebesar r square = 0,173 = 17,3 % dan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode eksperimen pada materi gelombang siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Sorong diperoleh n-Gain rata-rata sebesar 0,57 berkategori sedang.

Kata Kunci : Kooperatif, eksperimen, disiplin, belajar,gelombang


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v4i2.371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA