PERBEDAAN DISIPLIN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI RANGKA, OTOT DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII SMP NEGERI 4 ARSO

AYU PRATAMAWATI, TIURLINA SIREGAR

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan disiplin belajar dan hasil belajar IPA antara siswa laki-laki dan perempuan melalui pendekatan kontekstual. Hasil Penulisan menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan disiplin belajar antara siswa laki-laki dan siswa perempuan melalui pendekatan kontekstual dengan thitung sebesar 2,071, (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa laki-laki dan perempuan melalui pendekatan kontekstual thitung sebesar -6,776, (3) terdapat perbedaan disiplin belajar dan hasil belajar IPA melalui pendekatan kontekstual thitung sebesar -2,598, (4) peningkatan hasil belajar rata-rata siswa laki-laki dan perempuan dari ketiga pertemuan termasuk dalam kategori sedang dengan nilai n-Gain rata-rata untuk siswa laki-laki sebesar 0,46 dan siswa perempuan sebesar 0,64.

 

Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Disiplin Belajar, Hasil Belajar IPA, Siswa     Laki-laki dan Perempuan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v4i3.376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA