PENGARUH KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA SD DI GUGUS II DISTRIK NABIRE

Authors

  • SITI QOMARIAH

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v4i3.377

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualifikasi pendidikan terhadap profesionalisme guru, untuk mengetahui pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru, dan untuk mengetahui pengaruh kualifikasi pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme.

Populasi penelitian ini adalah guru-guru SD di Gugus II Distrik Nabire yang terdiri dari 7 SD. Sampel berjumlah 40 orang guru, penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampel random sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik kuesioner. Uji validitas dengan menggunakan product moment dan uji reliabilitas dengan alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi.

Hasil penelitian menunjukkan: Kualifikasi pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru, Pengalaman mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru, Kualifikasi pendidikan dan pengalaman mengajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru.

 Kata Kunci : Kualifikasi Pendidikan, Pengalaman Mengajar, Profesionalisme Guru, Pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-03

Issue

Section

Articles