IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP SE-KOTA JAYAPURA TAHUN AJARAN 2016/2017

LULUK RIDWAN, YUSUF BUNGKANG

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang ”Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP Se-Kota Jayapura Tahun Pelajaran 2016/2017”, dengan Tujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran kurikulum 2013, pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013, penilaian proses dan hasil pembelajaran, kesiapan sarana dan prasarana, keberhasilan pelaksanaan kurikulum 2013, kendala dalam penerapan kurikulum 2013 dan solusi untuk penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPA di SMP Se-kota Jayapura.

Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakanreduction, data display, dan verification.

Hasil yang diperoleh untuk implementasi Kurikulum 2013 adalah 1) perencanaan pembelajaran IPA diperoleh sebesar 85,1%, 2) pelaksanaan pembelajaran IPA sebesar 84,80%, 3) penilaian proses dan hasil pembelajaran IPA sebesar 84,3%, 4) kesiapan sarana dan prasarana diperoleh 73,33%, 5) keberhasilan pelaksanaan sebesar 84,7%, 6) kendala dalam pelaksanaan adalah alat laboratorium dan kesiapan guru, 5) solusinya adalah diadakan workshop. Guru IPA dan sekolah sebagian besar sudah melaksanakan kurikulum 2013 dengan sangat baik karena kesiapan berbagai faktor pendukung serta dengan segala kendala yang ada.

Kata kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Mata Pelajaran IPA.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v4i3.379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA