PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MINAT, DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 KABUPATEN SORONG

PARLUJI PARLUJI, JONNER NAINGGOLAN

Abstract


Telah dilakukan Penelitian Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Minat, dan Hasil Belajar Matematika Materi Eksponen siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Minat, dan Hasil Belajar Matematika Materi Eksponen siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong.

Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berbentuk korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh.

Hasil penelitian menunjukkan (1) ada hubungan yang kuat antara variabel model Pembelajaran STAD (X) terhadap Minat Belajar (Y1), pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong sebesar r (korelasi) = 0,688. Sedangkan besarnya sumbangan STAD terhadap Minat Belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong r Squere = 0,473 atau 47,3%. (2) ada hubungan yang kuat antara variabel STAD (X) terhadap Hasil Belajar (Y2) siswa kelas X SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong r = 0,673. Sedangkan besarnya sumbangan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong r Square = 0,453 atau 45,3%. dan 3. ada peningkatan Hasil Belajar siswa materi eksponen kelas  X  SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar rata-rata  42 point  dengan besarnya indeks n-Gain = 0,63.

Kata kunci:     Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Divisions (STAD),  Minat, Motivasi, Hasil Belajar, Eksponen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v4i3.380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA