Publication Ethics

JURNAL PENGABDIAN PAPUA sebagai sebuah jurnal dituntut mempunyai hak dan kewajiban dalam sebuah penerbitan. Hal ini berkaitan dengan kesepahaman anggota profesi ilmiah yang diperlukan dalam publikasi artikel di jurnal peer-review. Kode etik ini penting dalam mengoptimalkan manfaat sains bagi masyarakat dan profesi. Kemajuan ilmu pengetahuan membutuhkan berbagi pengetahuan, meskipun kadang mengorbankan kepentingan pribadi.

Publikasi penelitian ilmiah dalam jurnal merupakan salah satu produk penting bagi JURNAL PENGABDIAN PAPUA guna melayani komunitas ilmu biologi. Untuk tujuan tersebut, editor, pengulas, penulis, dan penerbit harus menjaga standar etika yang tinggi terkait dengan penerbitan sebuah naskah penelitian atau review.

Editor

Tanggungjawab Editor:

  1. Mengelola dan melanjutkan proses setiap naskah yang masuk ke redaksi Jurnal Pengabdian Papua. 
  2. Memutuskan artikel berkualitas yang diterbitkan oleh Jurnal Biologi Papua. Editor bertanggungjawab atas semua yang dipublikasikan.
  3. Membuat keputusan untuk menerima atau menolak naskah hanya dengan dasar untuk kepentingan berkaitan dengan naskah, orisinalitas, kejelasan, dan relevansinya dengan jurnal.
  4. Memutuskan penerimaan naskah yang masuk ke redaksi dan memastikan proses pengolahan yang adil, efisien dan tepat waktu dari sebuah naskah yang masuk.
  5. Menilai naskah dengan mengabaikan perbedaan ras, jenis kelamin, keyakinan agama, orientasi seksual, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis.
  6. Menjamin bahwa naskah yang masuk ditangani secara rahasia, tidak diketahui oleh siapapun, kecuali reviewer, tanpa izin dari penulis, sampai keputusan akhir telah dilakukan apakah naskah itu akan diterbitkan.
  7. Tidak mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun, kecuali penulis, reviewer, penasihat editorial lainnya, dan penerbit, yang sesuai dengan aturan yang berlaku di jurnal ini.
  8. Tidak berhak memanfaatkan naskah yang masuk untuk kepentingan pribadi kecuali kepada para penulis. Setiap proses pekerjaan dilaporkan dengan tidak mempublikasikan kepada siapapun.
  9. Melakukan tindakan sebagai tanggapan atas setiap saran kesalahan ilmiah atau untuk meyakinkan bukti bahwa substansi utama atau kesimpulan dari naskah yang diterbitkan tidak sesuai, yang dapat dilakukan melalui komunikasi dan konsultasi dengan penulis. Ini mungkin mengharuskan penarikan publikasi atau adanya amandemen resmi.
  10. Melakukan tindakan responsif secara rasional apabila terjadi kekeliruan mengenai naskah yang masuk atau naskah yang diterbitkan.  

 Penelaah (Reviewers)

 Kewajiban Reviewer:

  1. Hanya menyetujui untuk menelaah (me-review) naskah yang berkaitan dengan bidang keahliannya. Bidang keahliannya diperlukan untuk melakukan evaluasi secara tepat dan menyelesaikan tugasnya dengan waktu yang telah ditentukan. 
  2. Bersikap obyektif dan konstruktif dalam mengulas sebuah naskah.
  3. Mengulas naskah tanpa pengaruh kondisi apapun, baik mengenai asal penulis, keyakinan agama maupun politik dari penulis, gender atau karakteristik lain dari penulis, atau oleh pertimbangan komersial.
  4. Naskah apa pun yang diterima untuk di-review sebagai dokumen rahasia dan tidak diperkenankan menginformasikan kepada pihak manapun dan dengan alasan apapun. Tidak diperkenankan mendiskusikan dengan orang lain kecuali se-ijin editor.
  5. Tidak menggunakan informasi yang diperoleh selama proses peer-review untuk keuntungan pribadi atau orang lain, organisasi, atau untuk merugikan atau mendiskreditkan orang lain.
  6. Reviewer diperbolehkan memberi masukan kepada penulis (author) mengenai rujukan yang mungkin relevan dan mempunyai reputasi baik, dengan tidak menutamakan kepentingan pribadi maupun golongan.
  7. Menyatakan semua kemungkinan adanya konflik kepentingan, penulis diminta untuk menghindarinya.
  8. Reviewer wajib menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu. Apabila pekerjaannya lebih dari yang telah disepakati, editor berhak mengambil sikap menarik kembali naskah review. 

Penulis (Authors)

Tanggungjawab Penulis:

  1. Menyajikan laporan penelitian yang telah dilakukan secara etis dan bertanggung jawab dalam suatu naskah publikasi sesuai dengan Pedoman Penulisan Jurnal Biologi Papua atau Template yang telah disediakan.
  2. Menyajikan hasil penelitian dengan jelas, jujur, tanpa penipuan, menghindari mis-representasi atau manipulasi data yang tidak tepat.
  3. Bila diperlukan, disertakan data yang tidak diproses sehubungan dengan naskah publikasi sebagai bahan pertimbangan editor. 
  4. Memastikan bahwa karya yang dikirimkan merupakan karya asli. Penulis telah menggunakan karya dan/atau kata-kata sendiri dan tidak berasal dari orang lain, yang telah dikutip atau dirujuk secara tepat. Plagiarisme dalam segala bentuk untuk penerbitan yang tidak etis, tidak dapat ditolerir. Untuk kepentingan ini, penulis disarankan memanfaatkan sarana cek plagiarism yang telah tersedia.
  5. Penulis harus memuat metode penelitian dengan jelas dan eksplisit, sehingga dapat dikonfirmasi oleh orang lain.
  6. Penulis terlibat dan bertanggungjawab secara kolektif dalam proses penerbitan naskah.
  7. Penulis yang terlibat dalam penerbitan harus secara tepat mengungkapkan kontribusi individu terhadap pekerjaan dan pelaporannya.
  8. Mengungkapkan dalam naskah untuk setiap konflik keuangan atau konflik substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan berpengaruh terhadap hasil atau interpretasi naskah publikasi. Semua sumber dukungan keuangan untuk pekerjaan ini harus diungkapkan.
  9. Penulis berhak mengoreksi naskah yang telah siap dipublikasikan melalui editor dan layouter sebelum dipublikasikan secara online. Penulis segera melaporkan kepada editor jurnal atau penerbit apabila mengetahui ketidaktepatan yang dinilai berpengaruh atau kekeliruan dalam karyanya. Penulis harus kerkoordinasi dengan editor untuk menarik atau memperbaiki naskahnya.
  10. Penulis berhak menginformasikan kepada rekan atau kelompok bidang ilmu sepadan untuk mempromosikan naskah publikasinya.

Penerbit (Publisher)

  1. Menentukan hubungan yang berjalan dengan baik antara penerbit, editor dan pihak lain dalam kontrak.
  2. Memperhatikan dan menghormati privasi antara editor, penulis, dan pengulas (reviewer).
  3. Memperhatikan hak kekayaan intelektual dan hak cipta.
  4. Mendorong kemandirian dari editorial.
  5. Bekerja dengan editor jurnal untuk peraturan kebijakan jurnal secara tepat dan berusaha untuk memenuhi kebijakan-kebijakan tersebut, khususnya berkenaan dengan: independensi editorial, etika penelitian, kepengarangan, kejelasan dan kejujuran, ulasan sejawat, banding dan keluhan.
  6. Menginformasikan kebijakan jurnal untuk penulis, pembaca, dan pengulas (reviewer).
  7. Evaluasi kebijakan jurnal secara berkala.
  8. Melindungi integritas catatan akademis yang berkaitan dengan penerbitan.
  9. Mendukung pihak-pihak yang bertanggung jawab atas penyelidikan dugaan penelitian dan pelanggaran publikasi dan jika memungkinkan membantu penyelesaian masalah-masalah yang berkaitan dengan kondisi tersebut.
  10. Memperhatikan perubahan terbitan, klarifikasi, dan retraksi.
  11. Mempublikasikan secara tepat waktu.