PENGARUH TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS KEUANGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR GURU DI KABUPATEN KEEROM

Juliana Tandililing

Abstract


The purpose of this study was to analyze the effect of transparency and accountability in school finances with teacher teaching motivation. This study was conducted in Keerom Regency, one of the districts in the Indonesia - Papua New Guinea border region. This research is an empirical study that examines the direct relationship of variables. The population numbered 1,129 teachers, with a sample of 200 people. The results of the study explain the variables of transparency and financial accountability together to influence the teaching motivation of teachers. Partial test results show the effect of transparency is significant, but the effect of accountability was not significant.

Full Text:

PDF

References


Adlyana, Y. (2016). Kurikulum Pendidikan Dan Konsep Kerja (Studi Mengenai Kurikulum Sekolah Dasar dalam Menggambarkan Konsep Kerja pada Anak di Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta). Universitas Gadjah Mada.

Andreana, M. O. C., & Wirajaya, I. G. A. (2018). Pengaruh Transparancy, Accountability, Responsibility, Independency, dan Fairness Pada Kinerja Keuangan Lembaga Perkreditan Desa. E-Jurnal Akuntansi, 1305–1331.

Arifani, C., Salle, A., & Rante, A. (2018). Pengaruh Akuntabilitas , Transparansi Dan Pengawasan Terhadap Kinerja Anggaran Berbasis Value For Money. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, 13(1), 68–82.

boy, D. (2009). Analisis Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja sekolah (APBS) Terhadap Partisipasi Orang Tua Murid. Akuntansi Pemerintahan Pasca Sarjana Universitas Gunadarma, 79–87.

Dharma, S. (2010). Australian Dairy: Financial Performance of Australian Dairy Farms, 2007-08 to 2009-10. ABARE.

Dwiyanto, A. (2006). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Gajah. Mada Press, Yogyakarta.

Engkay Karweti. (2010). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Slb Di Kabupaten Subang. Jurnal Penelitaian Peendidikan, Pe(2), 77–89.

Indonesia, R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Krina, L. L. (2003). Indikator & Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas, Transparansi & Partisipasi, Sekretariat Good Public Governance Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Jakarta.

Kuddy, A. L. (2017). Type of Leaderships, Accountability, Public Participation and Transparency of Public Policy as moderation to Degree of Legislative’s Members Budgeting Knowledge in Controlling the Regional Budget (APBD). Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 1(3).

Mahsun, M. (2006). Pengukuran Kinerja Sektor Publik Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada.

Mardiasmo. (2004). Perwujudan Transparansi Dan Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi Sektor. Jurnal Akuntansi Pemerintahan.

Muro-Abad, J. I., Gomes, E. A., Cancio, O. N., & De Araujo, E. F. (2001). Genetic Analysis Of Eucalyptus Urophylla And E. Grandis Clones Selected In Commercial Crops From The Brazilian Amazon By RAPD Markers. Silvae Genética, 50(5–6), 177–180.

Nasional, D. P. (2009). Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Rohani. (2008). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sabarno, H. (2007). Memandu Otonomi Daerah menjaga Kesatuan Bangsa: Untaian Pemikiran Otonomi Daerah. Sinar Grafika.

Shafratunnisa, F. (2015). Penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan kepada stakeholders di sd islam binakheir.

Slamet Riyadi. (2011). Pengaruh Kompensasi Finansial , Gaya Kepemimpinan , dan Motivasi Kerja. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaaan, Vol. 13 , 40–45. https://doi.org/10.9744/jmk.13.1.40-45

Sutama. (2006). Pengembangan Sumberdaya Manusia Guru Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Era Otonomi Daerah (Sebuah Tinjauan Teoritis Tentang Inovasi Pengembangan SDM). Jurnal Manajemen Pendidikan (Journal Of Education Managemen), 1.

Syah, M. (1995). Psikologi pendidikan suatu pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tabrani. (1989). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Remadja Karya CV.

undang-undang RI No.14 Tahun 2005. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.

Utama, D. A., & Setiyani, R. (2014). Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, Dan Responsibilitas Pengelolaan Keuangan Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Dinamika Pendidikan, 9(2).

Yuliyani, H. (2010). Hubungan Antara Pengalaman Mengajar Dan Motivasi Mengajar Dengan Kompetensi Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Karanganyar, 1–81. https://doi.org/10.1016/s0022-5320(72)80046-7




DOI: https://doi.org/10.31957/keuda.v4i2.989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KEUDA : JURNAL KAJIAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH



__________________________________________________________________________________________________________
Print ISSN : 2477-7838 | e-ISSN : 2581-0286

Creative Commons License
The Journal Keuda work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:
sinta   googlescholar   Garuda   neliti   ICI   SIS