Peranan MGMP dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Bahasa Inggris SMP di Kota Jayapura

Langgau Langgau, Yulius Mataputun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 8 (delapan) area tagihan BERMUTU yang dilaksanakan pada kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMP tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan descriptif kualitatif dengan rancangan studi kasus di MGMP Bahasa Inggris SMP Kota Jayapura.
Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam tidak terstruktur, observasi dan studi dokumentasi., dengan instrumen kunci adalah peneliti itu sendiri dan sejumlah informan yaitu pengurus dan anggota MGMP Bahasa Inggris SMP, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Analisis data dilakukan melalui tiga alur yaitu: (a) pengumpulan data, (b) reduksi data/pengolahan data (editing, koding, tabulasi data),dan(c) pemaparan data, dan (d) penegasan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian ini menggambarkan; (1) jenis kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMP Kota Jayapura..(2) peranan MGMP (3) Faktor pendukung dan penghambat kegiatan MGMP, dan (4) dampak kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMP terhadap peningkatan kompetensi guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, maka dapat disarankan berikut ini yaitu; (1) peserta MGMP meningkatkan loyalitas terhadap kegiatan MGMP,(2) pengurus MGMP melakukan komunikasi dan kerjasama dengan kepala sekolah, pengawas dalam hal rapat koordinasi dalam peningkatan profesionalisme guru Bahasa Inggris, (3) kepala sekolah
meningkatkan sistem monitoring kinerja guru dalam MGMP misalnya menugaskan guru-gurunya mengikuti MGMP dengan baik, (4) pengawas melakukan monitoring dan pendampingan terhadap kegiatan MGMP secara terprogram. (5) dinas pendidikan memperbaiki dan meningkatkan sistem
monitoring kinerja kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan profesionalisme guru dengan memamtau kegiatan MGMP secara berkenambungan.


Kata Kunci : MGMP, Profesionalisme dan Guru Bahasa Inggris


Full Text:

PDF

References


Anwar. 2011. Pengaruh MGMP Terhadap Peningkatan Profesionalisme dan Mengajar Guru SMA Negeri Kota Tasikmalaya. Bandung:Jurnal Administrasi Pendidikan: Volume XIII Tahun 2011.

Baedowi. 2010. Peboman BDL MGMP/FMGMP. Jakarta: PMPTK

Bungin. 2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Garafindo

PERMENPAN RB. 2009. Nomor 16 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta

Pupuh Fathurahman & M. Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rafika Aditama

Hasan. 2004. Analisis data penelitian dengan statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Kustiningsih. 2010. Euforia Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Kabupaten Tasikmalaya. Jakarta: Buletin KKG/MGMP edisi 14 Tahun 2010

Rudin. 2010. Dukungan Pemerintah Daerah Terhadap Program BERMUTU Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Kabupaten Parigi Moutong. Jakarta: Buletin KKG/MGMP Edisi 14 Tahun 2010.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung : Alfabeta.

Surapranata. 2008. Generik Bahan Belajar Mandiri BERMUTU. Jakarta: PMPTK.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta.

Uno B. 2006. Teori Motivasi & Pengukurannya, Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.