Pengaruh Lingkungan Sekolah, Peran Guru, dan Fasilitas Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Distrik Mamberamo Tengah Kabupaten Mamberamo Raya

Octopina Norotouw, Jan Pieter

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pengaruh lingkungan sekolah, peran guru dan fasilitas pembelajaran secara parsial dan simultan terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 134
orang responden, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Simple Random Sampling, instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa sebesar 16,3%; terdapat pengaruh antara peran guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 72,1%; terdapat pengaruh antara fasilitas pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa sebesar 79,3%; terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah dan peran guru secara simultan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 71,5%; terdapat pengaruh yang positif antara lingkungan sekolah dan fasilitas pembelaan secara simultan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 79,2%; terdapat pengaruh yang positif antara peran guru dan fasilitas pembelaan secara simultan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 82,4%; terdapat pengaruh yang positif antara lingkungan sekolah, peran guru dan fasilitas pembelaan secara simultan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 82,3%.


Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Peran Guru, Fasilitas Pembelajaran, Motivasi Belajar.


Full Text:

PDF

References


Amri, S. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah Dalam Teori, Konsep dan Analisis. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati, Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

_______________. 2010. Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komitmen Kerja dengan Kinerja Guru. Tesis. Bogor. Program Pascasarjana Universitas Pakuan.

Halimah, N. 2010. Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Tesis. Sekolah Pascasarjana UPI. Tidak Diterbitkan.

Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, N. 2007. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Siswa Kelas XI dalam Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Muhammad 1 Semarang Tahun 2006/2007. Tesis. Sekolah Pascasarjana UPI. Tidak Diterbitkan.

Kuncoro. 2007. Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. Sekolah Pascasarjana UPI. Tidak Diterbitkan.

Ludiasari, S. 2005. Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. Sekolah Pascasarjana UPI. Tidak Diterbitkan.

Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Priyatno, D. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Siswoyo, D. dkk. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

________. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharno. 2008. Manajemen Pendidikan (Suatu Pengantar bagi Para Calon Guru) Cetakan 2. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Sukmadinata, N.S. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumitro. 2006. Psikologi Pendidikan, Landasan Kerja Pimpinan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sunarto. 2008. Motivasi Belajar. Bandung: Rake Sarasin.

Suparlan. 2008. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publisihing.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Asokadikta dan Durat Bahagia.

Uno, H.B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, A.G. 2012. Aplikasi SPSS Dalam Penelitian. Yogyakarta: Gava Media.

Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.