Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Kurima Kabupaten Yahukimo

Authors

  • Wolter Elepore Universitas cenderawasih
  • Habel Saud Universitas cenderawasih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru secara parsial. Serta untuk menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru secara simultan. Penelitian dilakukan dengan metode survey dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 30 guru di SMP Negeri 1 Kutima Kabupaten Yahukimo. Pengambilan sampel penelitian menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sedangkan model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi sederhana, yang digunakan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru. Berdasarkan hasil pengujian maka diperoleh nilai t hitung pada variabel kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru sebesar 3,780 dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,001. Dengan tingkat signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 maka H1 dapat terdukung atau dengan kata lain kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kurima
Kabupaten Yahukimo. Sedangkan Dari hasil pengujian dapat juga diperoleh bahwa nilai t hitung pada variabel profesionalisme sebesar 13,693 dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,000. Dengan tingkat signifikansi yang
lebih kecil dari 0,05 maka H2 dapat terdukung atau dengan kata lain profesionalisme guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kurimi Kabupaten Yahukimo. Sesuai dengan hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru baik secara individu maupun secara bersama-sama keduanya berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Kurima Kabupaten Yahukimo.


Kata Kunci : kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, kinerja guru

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wolter Elepore, Universitas cenderawasih

Magister pendidikan

Habel Saud, Universitas cenderawasih

Magister pendidikan

References

Ali Muhidin Sambas, Analisis Korelasi Regresi dan jalur, Balai Pustaka Setia, Bandung.

Arikunto Suharsini, Posedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Yogyakarta, 1993.

Atmodiwiro, Soebagyo. 2003. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan Disekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan menengah.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Gomes, Faustino Cardoso, Manajemen Sumber Daya Manusia. Andi Offiset, Yogyakarta, 1997.

Manulang. M. Manajemen Personalia. Ghalia Indonesia, jakarta, 1990.

Martoyo, Susilo, Manajemen Sumber Daya Manusia. BPFE, Yogyakarta, 1996.

Naksud, Tesis Hubungan Antara Gaya Kepeminpinan Kepala Sekolah Dasar dan Motivasi Kerja dengan Prestasi Kerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, UHAMKA, 2002.

Nur Laeli, Tesis Dampak Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, UNNES, 2004.

Nitisemeto, Alex S, Managemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia). Ghalia Indonesia, 1996.

Reksoprodjo, Handoko, Organisasi Perusahan Teori Struktur dan Perilaku. BPFE, Yogyakarta, 1994.

Robbin P. Steppen, Perilaku Organisasi, Jilid 1, Prenhallindo, Jakarta, 1996.

Siagian, Sondang P, Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta, 1996.

Sudjana, Metode Statistika, tarsito, Bandung, 1996.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, bandung, 2001.

Temple A. Dale, Kepemimpinan. Gramedia, Jakarta, 1987.

Thoha, Miftah, Kepemimpinan Dalam Manajemen, Suatu Pendekatan Perilaku FISIPOL. Universitas Gadjah Mada, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1999.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003, Jakarta. 2003 Undang-undang Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005. Jakarta, 2005.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Raja Grafindo Persada, Jakarta. 1999.

Wardiman Djoyonegoro, wawancara dalam TPI tanggal 16 Agustus 2004.

Downloads

Published

2019-05-29

Issue

Section

Articles