PEMERIKSAAN MIKROBIOLOGI (Escherichia coli) PADA MATA AIR DI WILAYAH SKYLINE KELURAHAN ENTROP DISTRIK JAYAPURA SELATAN KOTA JAYAPURA

Rita A Kbarek, Edoward Krisson Raunsay

Abstract


Penelitian ini berjutuan untuk mengetahui ada tidaknya Escherichia coli pada mata air Skyline. Pengujian kualitas Air pada mata air  dilakukan dengan menggunakan Uji perkiraan (Presumtive Test), Uji penegasan (Confirmatotry Test) dan Tes Lengkap (Complete Test). Melalui tahapan pengujian, selanjutnya ke tahapan kultur, MC, sub kultur, gram dan uji biokimia. Hasil uji yang diperoleh di laboratorium selanjutnya dideskripsikan dan tabulasi serta analisis. Hasil uji menunjukkan bahwa keseluruhan sampel (100%) tidak terkontaminasi oleh Escherichia coli (MS: Tidak Memenuhi Syarat), sehingga ketiga sumber air tersebut tidak memenuhi syarat kualitas air minum. Kualitas air bersih secara bakterialogi untuk keseluruhan sampel masih termasuk kelas A dengan criteria air yang baik dikarenakan jumlah coliform totalnya masih kurang dari 50 MPN/100 mL. Pemeriksaan Escherichia coli di wilayah Skyline Kelurahan Entrop Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura dapat disimpulkan bahwa semua sumber mata air tidak terkontaminasi Escherichia coli dan dapat pergunakan sebagai air minum, masak, cuci dan kakus.

 

Kata Kunci: Escherichia coli, Mikrobiologi, Pemeriksaan, Mata Air


Full Text:

PDF

References


Pramudita D, Emma Y dan Riyanto H. 2015. Studi Kualitas Air Tanah Dangkal Terhadap Kandungan Escherichia coli di Wilayah Kelurahan Cisarua Dan Kelurahan Subang Jaya Kecamatan Cikole Kota Sukabumi. UB. Malang.

Dwidjoseputro. 2005. Dasar-dasar Mikrobiologi. Djambatan. Jakarta.

Huwaidi RN. 2014. Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Diare di Kelurahan pakujaya Kecamatan Serpong Selatan. [Skripsi]. Program Studi Kesehatan Masyarakat FKIK Universitas Islam Negeri. Serpong.

Ramona, Y., R. Kawuri, I.B.G. Darmayasa. 2007. Penuntun Praktikum Mikrobiologi Umum Untuk Program Studi Farmasi FMIPA UNUD. Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Udayana Bukit Jimbaran, Bandung.

Nugroho Tristyanto, 2015. Uji Bakteriologi MPN Coliform Dan Escherichia coli Pada Air Baku Kolam Renang Di Kota Malang, PT. Semesta Anugerah, Malang.

Notoatmojo. 2013. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.