ANALISIS PENGUASAAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

Maura Trynovita Sakliressy, Triwiyono Triwiyono, Florentina Maria Panda

Abstract


Keberhasilan dalam pembelajaran adalah ketika peserta didik memiliki kemampuan memahami suatu konsep secara ilmiah dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan penguasaan konsep antara peserta didik yang diajarkan dengan model PBL dan model kooperatif tipe STAD pada materi tekanan zat cair. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan quasi experimental. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 11 Jayapura dengan sampel yang digunakan adalah kelas VIII E sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model PBL dan VIII F sebagai kelas kontrol yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe STAD. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil peningkatan penguasaan konsep menunjukkan nilai n-gain seluruh konsep pada kelas eksperimen sebesar  0,72 yang tergolong kategori penguasaan konsep tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,61 tergolong kategori hasil belajar sedang. Hasil uji t menunjukkan terdapat perbedaan penguasaan konsep yang signifikan antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model PBL dan peserta didik yang diajarkan dengan model kooperatif tipe STAD yang ditunjukkan nilai signifikasi 𝛼 < 0,05 yaitu sebesar 0,000, untuk seluruh konsep yaitu konsep tekanan hidrostatis, konsep Hukum Archimedes, dan konsep Hukum Pascal.

Full Text:

PDF

References


Apriliani, S., Budiarti, I. S., & Lumbu, A. (2015). Penggunaan Analogi Dalam Pembelajaran Fisika Melalui Metode Eksperimen Topik Aliran Arus Listrik Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas X SMA YPPK Taruna Dharma Kotaraja. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 1(1), 14. https://doi.org/10.25273/jpfk.v1i1.7

Budiarti, I., & Tanta, T. (2021). How the Patterns of Students’ Scientific Problem-Solving Skills in SMPN Kota Jayapura. International Conference on Progressive Education. https://doi.org/10.4108/eai.16-10-2020.2305232

Budiarti, I. S., & Tanta. (2021). Analysis On Students’ Scientific Literacy of Newton’s Law and Motion System in Living Things. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 36–51. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18470

Budiarti, I. S., Beno, R., Lumbu, A. (2021). Profile of Students ’ Scientific Literacy Abilities in Higher Education on Chapter Heat and Temperature. Indonesian J. Integr. Sci. Education, 3(1), 25–35.

Djamarah, S.B., & Zain A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Duch, B. J., Allen, D. E., & Groh, S. E. (2001). The Power of Problem-Based Learning. New Directions for Teaching and Learning.

Hake, R. R. (2002). Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains In Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Submitted to the Physics Education Research Conference; boise, Idaho; August 2002. Online at http://www.arxiv.org

Juliawan D. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan IPA. 1–17.

Lete, M et al. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains melalui Pembelajaran Discovery Topik Tekanan Hidrostatis. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. 1. 1020-1032. Diakses dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id

Prima, E. C., & Kaniawati, I. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Elastisitas Pada Siswa SMA. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i1.279

Purbowo, A., Boy, B. Y., Budiarti, I. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor. Papua Journal of Physics Education (PJPE), 1(1). https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i1.2027

Ramdiah, S., Abidinsyah, Royani, M., & Husamah. (2019). Understanding, planning, and implementation of HOTS by senior high school biology teachers in Banjarmasin-Indonesia. International Journal of Instruction, 12(1),425–440. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12128a

Sakliressy, M. T., Sunarno, W., & Nurosyid, F. (2021). Students Scientific Attitude in Learning Physics Using Problem Based Learning Model with Experimental and Project Methods. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 10(1), 59–70. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v10i1.8347

Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2), 52–56. https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i1.1070

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Viyanti, Suyatna, A., Dinatikan, H. K., Budiarti, I. S. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis PJBL-STEM Untuk Mereduksi Perbedaan Penalaran Ilmiah Dan Performance Argumentasi. Papua Journal of Physics Education, 1(2), 36–44.

Yoesoef, A. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menanya dan Penguasaan Konsep Fisika Kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Kediri. Jurnal PINUS, 1(2), 96-102.




DOI: https://doi.org/10.31957/pjpe.v2i1.1728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.