PENGGUNAAN MATERI AJAR BERORIENTASI IPTEK DAN KEARIFAN LOKAL: STUDI EMPIRIK PADA MATERI TEKANAN DI LINGKUNGAN LAHAN BASAH

Authors

  • Muh. Ridha Pratama Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Zainuddin Zainuddin Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Misbah Misbah Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31957/pjpe.v2i1.1731

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas materi ajar tekanan berorientasi iptek dan kearifan lokal. Selain itu penelitian ini juga menganlisis pencapaian iptek dan karakter siswa. Penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini ialah 30 siswa kelas VIII di salah satu SMPN di kota Banjarmasin. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi materi ajar, lembar keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tes hasil belajar, dan lembar penilaian diri. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa: (1) validitas materi ajar memiliki kategori cukup baik, (2) kepraktisan materi ajar memiliki kategori sangat baik, (3) efektivitas materi ajar memiliki kategori sedang, dan (4) pencapaian iptek dan karakter memiliki kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh simpulan bahwa materi ajar tekanan berorientasi iptek dan kearifan lokal layak digunakan dalam proses pembelajaran, baik dari aspek hasil belajar, pencapaian iptek, dan karakter siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Anissa, R., Mastuang, M., & Misbah, M. (2020). Efektivitas perangkat pembelajaran fisika bermuatan lingkungan lahan basah untuk melatihkan karakter waja sampai kaputing. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 8(2), 33–39.

Azizahwati, A., Maaruf, Z., Yassin, R. M., & & Yuliani, E. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. 70–73. Yogyakarta: Himpunan Fisika Indonesia Cabang Jateng & DIY.

Deviana, T. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung Untuk Kelas V Sd Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 47. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5902

Fuad, Z., Misbah, M., Hartini, S., & Zainuddin, Z. (2018). Identifikasi Kearifan Lokal Kalimantan Selatan Sebagai Sumber Belajar Fisika Kelas X. Seminar Nasional Pendidikan: Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat, 158–169. Bajarmasin.

Habibi, M., Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa fisika berorientasi kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pengajaran langsung pada pokok bahasan tekanan di smp negeri 11 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.20527/bipf.v5i1.2234

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods : A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.

Hartini, S, Isnanda, M. F., Wati, M., Misbah, M., S, A., & S, M. (2018). Developing a physics module based on the local wisdom of Hulu Sungai Tengah regency to train the murakata character. Journal of Physics: Conference Series, 1088.

Hartini, Sri, Firdausi, S., Misbah, M., & Sulaeman, N. F. (2018). The development of physics teaching materials based on local wisdom to train saraba kawa character. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130–137.

Hidayanto, F., Sriyono, & Ngazizah, N. (2016). Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengoptimalkan Karakter Peserta Didik. Radia, 9(1), 24–29.

Hidayati, D. (2017). Memudarnya nilai kearifan lokal masyarakat dalam pengelolaan sumber daya air. Jurnal Kependudukan Indonesia, 11(1), 39–48.

Mardiansyah, Y., Asrizal, & Yulkifli. (2013). Pembuatan Modul Fisika Berbasis TIK Untuk Mengintegrasikan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Siswa Sman 10 Padang Kelas X Semester 1. Pillar of Physics Education, 1(April), 30–38.

Mastuang, M., Misbah, M., Yahya, A., & Mahtari, S. (2019). Developing the Physics Module Containing Quranic Verses to Train the Local Wisdom Character. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012018

Misbah, M., Hirani, M., Annur, S., Sulaeman, N. F., & Ibrahim, M. A. (2020). The Development and Validation of a Local Wisdom-Integrated Physics Module to Grow the Students’ Character of Sanggup Bagawi Gasan Masyarakat. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(1), 1. https://doi.org/10.26737/jipf.v5i1.1280

Nadlir, M. (2014). Urgensi pembelajaran berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 299–330.

Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Membuat Minyak Lala Untuk Melatih Karakter Sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 272–285.

Riyanti, A. (2018). Penerapan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Ngarot Dalam Pembelajaran Sosiologi. Sosietas, 8(1), 438–445. https://doi.org/10.17509/sosietas.v8i1.12496

Sarah, S. (2014). Keefektivan pembelajaran berbasis potensi lokal dalam pembelajaran fisika SMA dalam meningkatkan living values siswa. JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS), 2(1), 36–42.

Setiawan, I., & Mulyati, S. (2020). PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 121–133.

Viana, R. V. V. R., & Subroto, S. (2016). Pengembangan Sistem Assessment dalam Pembelajaran Materi Usaha dan Energi Berbasis Media Audio Visual di SMAN 1 Prambanan. E-Journal Pendidikan Fisika, 5(5), 311–319.

Wati, M, Hartini, S., Misbah, M., & Resy. (2017). Pengembangan module fisika berintegrasi kearifan lokal hulu sungai selatan. In Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika (pp. 4 2 ,157–162).

Wati, M, & Misbah, M. (2020). The practicality of physics teaching materials based on local wisdom in the wetland environment. 1st South Borneo International Conference on Sport Science and Education (SBICSSE 2019, 185–187. Atlantis Press.

Wati, M, Misbah, M., Haryandi, S., & Dewantara, D. (2020). The effectiveness of local wisdom-based static fluid modules in the wetlands environment. Momentum: Physics Education Journal, 102–108.

Wati, M, Rizka Putri, M., Misbah, M., Hartini, S., & Mahtari, S. (2020). The development of physics modules based on madihin culture to train kayuh baimbai character. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1422/1/012008

Wati, Mustika, Hartini, S., Lestari, N., Annur, S., & Misbah, M. (2019). Developing a physics module integrated with the local wisdom of baayun maulid to build wasaka character. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 7(6S5), 720–724.

Yazid, A. (2011). Kevalidan, Kepraktisan, dan Efek Potensial Suatu Bahan Ajar.

Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2019). HOTS profile of physics education students in STEM-based classes using PhET media. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 32021. IOP Publishing.

Zainuddin, Z., Afnizar, H. A., Mastuang, M., & Misbah, M. (2018). Developing a teaching material oriented to science and technology and local wisdom in wetland environment. 1st International Conference on Creativity, Innovation and Technology in Education (IC-CITE 2018. Atlantis Press.

Zainuddin, Z., Mastuang, M., Misbah, M., Melisa, M., Ramadhani, F. D., Rianti, D., & Rusmawati, I. (2020). The Effectiveness of Fluid Physics Practicum Module Based On Wetland Environment to Train Science Process Skills. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ, 3(2), 76–84.

Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2020). Validasi perangkat pembelajaran fisika fluida berbasis lingkungan lahan basah. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 5(2), 30–35.

Downloads

Published

2021-06-01