PEMODELAN ESTIMASI PARAMETER DISTRIBUSI WEIBULL PADA PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS OTTOW GEISSLER PAPUA

Halomoan Edy Manurung, Andrijanni Andrijanni

Abstract


Salah satu program pemerintah Indonesia yang sedang dilaksanakan dalam dekade terakhir ini adalah meningkatkan mutu pendidikan secara nasional. Peningkatan mutu di setiap satuan pendidikan diarahkan pada upaya terselenggaranya layanan pendidikan kepada pihak yang berkepentingan atau masyarakat. Salah satu standar mutu pendidikan yaitu Prestasi Belajar. Prestasi Belajar adalah hasil maksimum yang dicapai oleh seseorang setelah melakukan kegiatan belajar yang diberikan berdasarkan atas pengukuran tertentu yaitu dinyatakan dengan skor atau nilai. Hasil tersebut dijadikan alat evaluasi bagi Universitas untuk melakukan perbaikan seperlunya guna meningkatkan atau mempertahankan kualitas pendidikan. Prestasi Belajar dapat dideskripsikan dengan menggunakan pemodelan statistika untuk menggambarkan dan menganalisa keseluruhan data yang diteliti dengan cara mencari nilai parameternya terlebih dahulu. Penelitian ini melakukan penelitian tentang Pemodelan estimasi Parameter Distribusi Weibull Dengan Metode Maximum Likelihood Estimation menggunakan Iterasi Newton Raphson Pada Prestasi Belajar Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Ottow Geisler Papua. Hasil yang diperoleh berupa fungsi distribusi yang dapat digunakan untuk memprediksi nilai Prestasi Belajar pada tahun berikutnya berdasarkan perolehan nilai dan kondisi tahun sebelumnya.Dengan fungsi prediksi yang diperoleh dapat digunakan untuk memperkirakan kondisi bagaimana yang dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas belajar sehingga Prestasi Belajar dapat ditingkatkan.

Kata Kunci: Distribusi Weibull, iterasi Newton Raphson,metode maximum likelihood estimation, prestasi belajar mahasiswa sistem informasi universitas ottow geissler papua, pemodelan estimasi parameter.


Full Text:

PDF

References


Agresti, A. (1990). Categorical Data Analysis, John Wiley & Sons, Inc., NewYork.

Danim S. (2010). Pengantar Kependidikan, Cetakan I, Bandung: Alfabeta.

Khuri, A. I. (2003). Advanced Calculus WithApplications In Statistics, Second Edition, John Wiley & Sons.

Tai, Y.T., Pearn, W.L., Lee, J.H. (2010). Cycle Time Estimation For Semiconductor Final Testing Processes With Weibull-Distributed Waiting Time. International Journal of Production Research,50( 2), 581–592.

Yang, W.Y., et al. (2005). Applied Numerical Methods using Matlab. John Wiley& Sons, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.