PEMETAAN POTENSI PERTANIAN DI KABUPATEN TELUK BINTUNI DENGAN METODE BIPLOT

Indah Ratih Anggriyani

Abstract


Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 131 Tahun 2015 Tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015 – 2019, salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat yang termasuk dalam daerah tertinggal adalah Kabupaten Teluk Bintuni. Guna menunjang perekonomian daerah pada kabupaten tersebut, maka diperlukan informasi dasar mengenai potensi daerah yang dimiliki sehingga dapat dikelola dengan maksimal. Salah satu potensi daerah yang dimiliki ditemukan pada bidang pertanian. Hal ini diketahui dengan banyaknya hasil pertanian yang ditemukan dan sebagian penduduk bekerja berada pada bidang tersebut (BPS Teluk Bintuni, 2015). Analisis statistik yang bertujuan untuk menyajikan data peubah ganda dalam peta dua dimensi sehingga perilaku data mudah dilihat dan diinterpretasikan adalah analisis biplot. Informasi yang bisa diambil dari analisis ini adalah hubungan antar peubah, kemiripan relatif antar obyek pengamatan dan posisi relatif antar obyek pengamatan dengan peubah. Hasil eksplorasi data menunjukkan bahwa kategori hasil pertanian yang paling banyak ditemukan pada Kabupaten Teluk Bintuni adalah tanaman pangan dan horikultura jenis sayur. Jumlah produksi tertinggi hasil pertanian pada Kabupaten Teluk Bintuni ditemukan pada padi sawah untuk tanaman pangan, sawi untuk hortikultura sayur, rambutan untuk hortikultura buah. Hasil pemetaan menunjukkan bahwa pada kategori tanaman pangan, produksi tertinggi ditemukan pada padi sawah dan ubi jalar. Distrik penghasil padi sawah dan ubi jalar adalah Distrik Manimeri dan Distrik Bintuni. Pada kategori hortikultura jenis sayur, produksi tertinggi ditemukan pada sawi dan kubis dengan distrik yang menghasilkan produksi sawi tertinggi adalah Distrik Bintuni dan Distrik Manimeri dan hasil produksi tertinggi untuk kubis adalah Distrik Komundan. Distrik yang banyak ditemukan jenis hortikultura buah adalah Distrik Manimeri dengan jenis buah yang dihasilkan adalah rambutan untuk hasil produksi tertinggi. Jenis buah lainnya yang memiliki produksi tertinggi adalah nangka, mangga, jambu biji dan salak. Hortikultura jenis tanaman obat hanya ditemukan pada satu distrik yaitu Distrik Manimeri.

Kata Kunci: Analisis Biplot, Hasil Pertanian, Kabupaten Teluk Bintuni


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika Teluk Bintuni. (2015). Distrik Aranday Dalam Angka 2015, BPS Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Bintuni.

Badan Pusat Statistika Teluk Bintuni. (2015). Distrik Aroba Dalam Angka 2015, BPS Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Bintuni.

Badan Pusat Statistika Teluk Bintuni. (2015). Distrik Babo Dalam Angka 2015, BPS Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Bintuni.

Badan Pusat Statistika Teluk Bintuni. (2015). Distrik Bintuni Dalam Angka 2015,BPS Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Bintuni.

Badan Pusat Statistika Teluk Bintuni. (2015). Distrik Biscoop Dalam Angka 2015, BPS Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Bintuni.

Badan Pusat Statistika Teluk Bintuni. (2015). Distrik Dataran Beimes Dalam Angka 2015, BPS Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Bintuni.

Badan Pusat Statistika Teluk Bintuni. (2015). Distrik Farfurwar Dalam Angka 2015, BPS Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Bintuni.

Badan Pusat Statistika Teluk Bintuni. (2015). Distrik Kaitaro Dalam Angka 2015, BPS Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Bintuni.

Badan Pusat Statistika Teluk Bintuni. (2015). Distrik Komundan Dalam Angka 2015, BPS Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Bintuni.

Badan Pusat Statistika Teluk Bintuni. (2015). Distrik Kuri Dalam Angka 2015, BPS Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Bintuni.

Badan Pusat Statistika Teluk Bintuni. (2015). Distrik Manimeri Dalam Angka 2015, BPS Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Bintuni.

Badan Pusat Statistika Teluk Bintuni. (2015). Distrik Masyeta Dalam Angka 2015, BPS Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Bintuni.

Badan Pusat Statistika Teluk Bintuni. (2015). Distrik Merdey Dalam Angka 2015, BPS Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Bintuni.

Badan Pusat Statistika Teluk Bintuni. (2015). Distrik Meyado Dalam Angka 2015, BPS Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Bintuni.

Badan Pusat Statistika Teluk Bintuni. (2015). Distrik Moskona Barat Dalam Angka 2015, BPS Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Bintuni.

Badan Pusat Statistika Teluk Bintuni. (2015). Distrik Moskona Selatan Dalam Angka 2015, BPS Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Bintuni.

Badan Pusat Statistika Teluk Bintuni. (2015). Distrik Moskona Timur Dalam Angka 2015, BPS Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Bintuni.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.