PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PRESTASI MATA KULIAH MATEMATIKA DASAR I

Siti Norhidayah

Abstract


Berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan bergantung pada bagaimana proses belajar yang terjadi pada diri mahasiswa. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam proses pembelajaran diantaranya faktor internal dan faktor eksternal dari mahasiswa itu sendiri. Minat dan kebiasaan belajar merupakan faktor internal dari diri mahasiswa yang mempengaruhi dirinya dalam kegiatan belajar. Keberhasilan mahasiswa dalam Mata Kuliah Matematika Dasar I yang merupakan mata kuliah wajib pada semester I harus diperhatikan, karena berkaitan dengan keberhasilan dalam mempelajari mata kuliah lanjutan di semester berikutnya. Penelitian ini mendeskripsikan hubungan minat dan kebiasaan belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mata kuliah Matematika Dasar I mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tridharma Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan subyek penelitian mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tridharma Balikpapan Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 23 orang sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi berupa nilai akhir mata kuliah Matematika Dasar I dan hasil angket minat dan kebiasaan belajar mahasiswa. Analisis data untuk mengetahui hubungan ini menggunakan teknik analisis korelasi product moment pada derajat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar mahasiswa terhadap prestasi mata kuliah Matematika Dasar I tidak terdapat hubungan yang signifikan. Demikian juga kebiasaan belajar mahasiswa terhadap prestasi mata kuliah Matematika Dasar I tidak terdapat hubungan yang signifikan. Dengan kata lain, minat dan kebiasaan belajar mahasiswa tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi mata kuliah Matematika Dasar I. 

Kata Kunci : Pengaruh, minat, kebiasaan belajar, hasil belajar matematika dasar I.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta.

Haryono, M. (2007). Penggunaan Variasi Metode Belajar untuk Membangkitkan Motivasi Belajar Matematika, Widyatama, Vol. 4.

Purwanto, N. (1996). Psikologi Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sudijono, A. (2005). Pengantar Statistika Pendidikan, PT Raja Grafindo, Jakarta

Sumanto, W. (1984). Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan, Yayasan Paramita, Yogyakarta.

Trianto (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Prestasi Pustaka, Surabaya.

Winkel, W.S. (1991). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, PT. Gramedia, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.