EVALUASI PELAKSANAAN MATRIKULASI MATEMATIKA DASAR DI FMIPA UNCEN TAHUN 2016

Westy B. Kawuwung, Epiphani I. Y. Palit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerimaan mahasiswa baru
berdasarkan asal sekolah dan penilaian terhadap pelaksanaan matrikulasi di FMIPA Uncen tahun 2016. Sampel diambil secara acak dari populasi mahasiswa baru FMIPA yang mengikuti program matrikulasi. Metode yang digunakan adalah statistika nonparametrik dengan uji Run dan uji Kruskal-Wallis. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh bahwa proses penerimaan mahasiswa baru tahun 2016 yang berasal dari 3 kategori asal sekolah bersifat tidak acak (sistemik). Disamping itu, dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan matrikulasi memberi pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika dasar mahasiswa baru FMIPA Uncen tahun 2016.


Kata Kunci: Matrikulasi, Uji Run, Kruskal-Wallis.


Full Text:

PDF

References


Daniel, Wayne W. (1978). Applied Nonparametric Statistics. United States of America. PWS-KENT Publishing Company.

Johnson, R.A & Wichern, D.W. (1989). Aplied Multivariate Statistical Analysis. Edisi ke-3. Prentice-Hall Inc, New Jersey.

Saleh, Samsubar. (1985). Statistik Nonparametrik. Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta Siegel, Sidney. (1985). Statistik Nonparametrik untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiarto, D.S. (2006). Metode statistika untuk bisnis dan ekonomi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Walpole, Ronald E. (1995). Pengantar Statistika Edisi ke-3. Diterjemahkan dari Introduction to Statistics oleh B. Sumantri. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.