PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK KELAS V SD

Putri Yulia

Abstract


Abstrak. Perangkat pembelajaran yang selama ini digunakan berupa LKS dan RPP, belum mampu mengakomodasi kebutuhan siswa untuk belajar aktif. LKS yang digunakan hanya banyak berisi latihan, soal-soal, dan kurangnya masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL)yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design) ,3) pengembangan (develop), dan 4) penyebaran (dessiminate). Perangkat pembelajaran matematika kontekstual yang dikembangkan adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Validasi dilakukan oleh ahli pendidikan matematika, pendidikan dasar  dan bahasa. Kepraktisan perangkat pembelajaran diselidiki dengan cara mengamati pelaksanaan pembelajaran, pengisian angket praktikalitas oleh siswa, dan melakukan wawancara dengan siswa dan guru. Untuk melihat keefektifannya dilakukan dengan cara mengamati aktivitas dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dihasilkan sudah valid dilihat dari segi konstruk dan isinya untuk Kelas V SD. Perangkat pembelajaran matematika kontekstual sudah dapat dikatakan praktis dari segi pelaksanaan pembelajarannya dan efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa untuk kelas V SD. Perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL), sudah di ujicobakan dan diimplementasikan. Berdasarkan hasil ujicoba dan implementasi dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) valid, praktis dan efektif.

Kata kunci: pengembangan, perangkat, pembelajaran, siswa

 


Full Text:

PDF

References


Amir, T. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.

Kencana, Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono (2009). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta.

Djamarah dan Aswan (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Muliyardi (2002). Strategi Pembelajaran Matematika. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang.

Riduwan(2005). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta, Bandung.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Persada Media, Jakarta.

Sudjana, N. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya, Bandung,

Trianto (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan (KTSP). Kencana, Prenada Media Group, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.