PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMK NEGERI 2 MERAUKE KELAS XI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

Juliana R. Untayana

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan pendekatan saintifik dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Merauke dengan subjek penelitian siswa kelas XI jurusan teknik komputer dan jaringan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, lembar aktivitas siswa dan lembar evaluasi siswa sebagai refleksi dari pemahaman siswa. Kemampuan komunikasi matematika siswa dikatakan meningkat apabila telah mencapai 70%. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan pertemuan untuk setiap siklus adalah 4 kali pertemuan. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi siswa pada siklus I sebesar 56,25 dan pada siklus II sebesar 64. Banyaknya siswa yang meningkat hasil tes kemampuan komunikasi matematika dari siklus I ke siklus II adalah 4 siswa atau 20%. Banyaknya siswa yang tuntas belajar pada siklus I adalah 11 siswa dari 20 siswa atau 55% , sedangkan pada siklus II adalah 15 siswa dari 20 siswa atau 75%. Permasalahan permasalahan yang ditemukan pada saat menggunakan pendekatan saintifik adalah 1) siswa kesulitan untuk menerapkan langkah mengasosiasi menalar, karena belum terbiasa melakukan penalaran dengan membuat penarikan kesimpulan. 2) Siswa malu untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya baik secara tulisan maupun secara lisan.

Kata kunci : Pendekatan saintifik, komunikasi matematika. 


Full Text:

PDF

References


Aragon, A. (2007). Girth Control. The Science of Fat Loss and Muscle Gain. Alan Aragon Publishing.

Cai, J., Lane, S. & Jakabcsin, M.S. (1996). The Role Of Open Ended Tasks and Holistic Scoring Rubrics: Assesing Student’ Mathematical Reasoning Communication. Reston, VA: NCTM.

Greenes, C. & Schulman, L. (1996). Communication Processes in Mathematical Explorations and Investigations. VA: NCTM, Reston.

Hosnan (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia, Bogor.

Kemendikbud (2013). Konsep Pendekatan Saintifik (Materi Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013).

Moon, B. Meyes, A. S & Hutchinson, S. (Ed). (2002). Teaching, Learning and The Curriculum in Secondary School. Routlede Falmer, New York.

National Council of Teachers of Mathematics (2000). Principles and Standars for School Mathematics. VA: NCTM, Reston.

Kemendikbud (2013). Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan nomor 64-65 Tahun 2013 Tentang Standar Isdan Prosesi .

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana, Jakarta.

Suharsimi Arikunto, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Rineka cipta, Jakarta.

Van De Walle (2008). Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Erlangga, Jakarta.

Varelas, M and Ford M. 2009. The Scientific Method and Scientific Inquiry: Tensions in Teaching and Learning. Wiley InterScience, USA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.